twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 17 November 2014

Dibalik Spesial Cake Ada Lembutnya Sponge Cake  

Spesial cake yang didekorasi secara cantik dan menawan, belum tentu rasanya deliciuous jika tidak ditunjang dengan basic cake yang lezat dan lembut. karena poin dari cake decor selain dari tampilannya, juga terdapat dalam kelezatan basic cake yang digunakan. Nah, tak ada salahnya untuk membuat spesial cake jadi satu rangkaian cake yang cantik, lezat dan menawan, Anda dapat mengkreasikan sponge cake menjadi pilihan.

Sponge cake, satu diantara basic cake yang sering digunakan sebagai dasar kue tart (decorating cake), teksturnya yang lembut seperti busa, dan apabila dipotong cenderung tak beremah (halus) pastinya akan membelai lidah. Sponge cake bisa dibuat dalam berbagai variasi. Seperti, ditambah aroma vanila, cokelat, pandan, esens buah-buahan, dll. Bisa juga ditambahkan bahan – bahan seperti tape, pisang, kenari, dan buah segar atau kering.
Berikut resep dasar sponge cake yang bisa Anda coba, lalu kreasikan menjadi Spesial Cake (seperti tema berikut: Thansk's Giving Cake, New Year Cake & Christmas Cake) :


Resep Dasar Sponge Cake

Bahan:
  • 5 butir Telur ayam
  • 125 gram Gula pasir 
  • 2 sendok teh Cake emulsifier  
  • 100 gram Tepung terigu protein rendah 
  • 100 gram Margarin, lelehkan


Cara Membuat:
  1. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung, sambil diaduk-aduk hingga rata.
  3. Masukkan margarin leleh sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
  4. Tuang adonan di dalam loyang (sesuai selera)  yang telah dioles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Panggang dalam oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius selama 20 menit hingga matang, angkat dan dinginkan.
  6. Hias sponge cake sesuai selera.

  Untuk pembuatan sponge cake bisa dibilang gampang-gampang susah, karena untuk membuat volume cake lebih besar dan ringan, sesuai namanya lembut seperti busa, perlu perhatian khusus dalam teknik pembuatannya. Dan, kegagalan yang sering terjadi adalah cake menjadi turun dan berat (bantat), untuk menghindari hal tersebut, simak info berikut:
  • Rongga dibentuk dari pengocokan telur dan gula pasir sampai mengembang diawal pembuatan hingga menjadi adonan yang sangat kental (+ 30 menit). Cirinya, warna mulai terlihat memucat, jejak mixer di adonan lama hilangnya dan bila adonan di ambil dengan jari telunjuk dan dibalik tidak jatuh.
  • Untuk proses pembentukkan rongga, banyak orang menggunakan bahan tambahan makanan cake emulsifier. Bahan tersebut berfungsi untuk penstabil dan pelembut adonan cake, sehingga adonan yang sudah mengembang akan kokoh.
  • Cake bisa dibuat dari telur utuh, bisa juga dari kuning telur, atau campuran kuning dan putih dengan jumlah kuning yang lebih banyak dari putih telurnya. Cake yang dibuat dari kuning telur saja menghasilkan kue yang agak padat, sementara kue dari putih telur saja hasilnya lebih kenyal. Cake yang dibuat dari kuning telur banyak dan sedikit putih telur akan lebih lembut hasilnya ketimbang yang dibuat dari telur utuh saja.
  • Teknik pembuatan sponge dengan cara telur dikocok dalam kom adonan yang diletakkan di atas air hangat bertujuan agar telur dapat mengembang sempurna. Karena telur dapat mengembang sempurna dalam suhu + 40 C
  • Selalu ayak tepung atau bahan bubuk lainnya, agar adonan mulus tidak berbintil.
  • Masukkan tepung dan bahan bubuk lainnya dengan cara diaduk melipat menggunakan spatula agar rongga yang sudah terbentuk tidak rusak dan adonan tetap pada volume yang sama.
  • Bila ada tambahan buah-buahan kering seperti kismis, sukade atau sultana sebaiknya dicampurkan terlebih dahulu dengan terigu sehingga buah-buahan keringnya menyebar ke seluruh bagian sponge cake (tidak jatuh). Bisa juga rendam dahulu buah-buahan kering dengan sari buah, lalu tiriskan dan keringkan setelah itu baru dicampurkan dengan terigu.
  • Beberapa resep sponge cake memang tidak menggunakan lemak (margarine/mentega). Cake dengan tambahan margarine/mentega teksturnya lebih lembut dan warnanya cenderung lebih kuning
  • Memasukkan margarin sebaiknya dicairkan dahulu, aduk dengan spatula dengan cara melipat layaknya memasukkan terigu. Hal ini juga berlaku untuk bahan cair lainnya bila diperlukan.
  • Cairkan margarin di atas api kecil sesaat akan dituang. Hindari memasak margarine hingga mendidih. Margarin yang mendidih, airnya sudah menguap, hingga hasilnya kurang lembab.


Tips Membuat Sponge Cake
  1. Gunakan telur yang fresh dan tidak dalam keadaan dingin (suhu kamar).
  2. Gunakan gula castor atau gula pasir yang butirannya halus, agar proses pengadukan lebih cepat dan mengahasilkan sponge yang soft dan remahnya halus.
  3. Lapisi loyang dengan kertas roti setelah dipoles dengan margarin. 
  4. Suhu saat pemanggangan tidak boleh terlalu panas ± 170 C atas dan bawah sekitar 27 - 35 menit.
  5. Untuk memastikan adonan matang, tusukkan lidi yang bersih dan kering ke dalam adonan, bila tetap kering dan tidak ada adonan yang menempel, berarti sponge sudah matang.
  6. Bila ingin mengurangi telur maka tambahkan cairan (bisa berupa air, susu atau santan) dan jangan lupa tambahkan emulsifier atau bisa juga ditambahkan baking powder. *Upi


Christmas Tree Cake

New Year Cake

Thanks Giving Cake


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar