twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Minggu, 15 Februari 2015

Pelatihan Kuliner AAL – Akademi Pariwisata Majapahit



Pelatihan Kuliner AAL – Akademi Pariwisata Majapahit
“Ungkap Rahasia Aplikasi Dari Beragam Saus Dasar”
 

Sikapnya yang tegas, rapi dan serius, mungkin ini kesan pertama melihat sosok para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Surabaya saat mengikuti latihan praktek kuliner di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Para taruna AAL yang berasal dari Korp Suplai Angkatan 62 ini tidak ingin kalah mempertajam kemampuannya di bidang mengolah makanan. Dipandu oleh dosen Akpar Majapahit chef R Bagus Handoko Y, S.Pd, mereka diajak praktek kuliner makanan China dan Indonesia. Bagaimana serunya latihan praktek kuliner kali ini ?

Kedatangan 9 (sembilan) tamu istimewa dari taruna AAL dan 2 (dua) diantaranya adalah wanita ini menjadi pemandangan menarik di kampus Akpar Majapahit yang berlokasi di jl. Jemursari 244 Surabaya. Para taruna AAL yang mengikuti kegiatan ini merupakan taruna tingkat dua semester tiga yang kini sedang menempuh mata kuliah materi Latihan Praktek Perwismaan (perhotelan) dan Table Manner yang sudah empat tahun terjalin selalu diadakan di kampus Akpar Majapahit Surabaya.
Dalam kesempatan ini, tampak kehadiran Kepala Departemen Suplai Kol Laut (S) Gatot Hariyanto dan jajarannya disambut oleh Presdir Matoa Holding Ir. Juwono Saroso berkeliling meninjau langsung fasilitas dapur pastry dan culinary dilantai 2 dan 3 gedung Graha Tristar di kampus Akpar Majapahit.
Kolonel Laut (S) Gatot Hariyanto mengaku”Meski baru pertama kali ke sini, sangat terkesan dengan keberadaan kampus Akpar Majapahit. Fasilitasnya memadai tidak kalah dengan VEDC Malang yang juga menjadi mitra kerja kami,” ungkapnya.
Kegiatan berlanjut di dapur kuliner, dimana para taruna AAL dan Chef Bagus mulai sharing pengalaman kepada taruna tentang pengolahan masakan China (Chinese Cuisine) yang mengajarkan saus dasar tumis, saus dasar Inggris dan saus dasar asam manis. Tak hanya itu para taruna juga diajarkan mengaplikasikan dari setiap saus  dasar, diantaranya membuat angsio hi, angsio hie bien, cap cay, nasi goreng, mi goreng dan masih banyak lagi.
“Untuk masakan Indonesia (Indonesian Food), akan kami ajarkan beberapa bumbu dasar seperti bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning dan bumbu dasar orange” terang Chef Bagus yang juga menjadi dosen Perwismaan dan Ilmu Gizi  di AAL.
Para taruna AAL mengaku lebih mudah dan memahami dengan sistem belajar memasak yang diterapkan Chef Bagus. Karena tidak terpacu oleh resep. Hanya memahami pembuatan macam saus dasar maka dapat mengaplikasikannya ke berbagai macam masakan.

Chef Bagus juga menerangkan bahwa acara latihan praktek para taruna AAL, selain belajar kuliner, mereka juga dijadwalkan mempraktekkan table manner Internasional (American Service) di Hotel Majapahit dan table manner lokal (Indonesia Service) di kampus AAL. Penasaran kan ?.....*Upi





Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050



Tidak ada komentar:

Posting Komentar