twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Jumat, 12 Juni 2015

Prodi UPW Akpar Majapahit - Studi Observasi Ke Kab. Jember & Banyuwangi



Program Studi Usaha Perjalanan Wisata – Akpar Majapahit
“Studi Observasi – Green Tourism”
Wisata Edukasi Ke Kab. Jember & Banyuwangi



Perkembangan pariwisata terus mengalami peningkatan, termasuk industri wisata nasional, khususnya Jawa Timur yang kini menjadi daerah tujuan wisata dunia. Kabupaten Jember dan Banyuwangi sengaja dipilih sebagai destinasi wisata yang sedang tren dan memiliki business opportunity yang melimpah. Kepopuleran tempat pariwisata di Jawa Timur ini banyak yang bisa di eksplore sehingga dapat menimbulkan kesan tersendiri. Seperti inilah keceriaan 20 mahasiswa UPW Akpar Majapahit saat studi observasi yang bisa diceritakan:

Selama tiga hari mahasiswa Program studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Surabaya melaksanakan studi observasi ke Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Orientasi kegiatan studi observasi ini bertujuan untuk mengenalkan objek-objek wisata unggulan di Kabupaten Jember dan Banyuwangi kepada mahasiswa.
Bertajuk “Green Tourism” kegiatan studi observasi ini didampingi dosen pengajar yaitu Bapak Hedy Wahidin Saleh, SH, MBA, M.Si.Par dan Ibu Dewi Mariyanah, SST.Par, mengajak mahasiswa menikmati keindahan objek-objek wisata yang eksotis di Kabupaten Jember dan Banyuwangi seperti Papuma, Margo Utomo, Taman Nasional Meru Betiri, Green Bay (Teluk Hijau), Pulau Merah berlanjut ke Pantai Wedi Ireng dan Kawah Ijen.
“Kegiatan praktik studi observasi ini dilakukan setiap semester genap. Adapun tujuan praktik lapangan 1 (field observation) ini untuk memperkaya khasanah pengetahuan mahasiswa di lapangan khususnya wilayah Jawa Timur. Tak hanya itu, selama kunjungan mahasiswa diharuskan mempraktikan teori yang telah diperoleh saat perkuliahan dan membuat laporan tertulis selama mengikuti kegiatan study observasi tersebut”, ungkap Ibu Dewi Mariyanah, SST.Par, selaku Kaprodi UPW.

“Green Tourism” di Kabupaten Jember & Banyuwangi
Kunjungan objek wisata pertama ke pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) yang cukup indah, pasirnya berwarna putih dengan air laut berwarna biru menjadikan pantai yang ada di kabupaten Jember ini paling eksotis dan cukup banyak dikunjungi.
Pesona wisata Banyuwangi selanjutnya, mahasiswa Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) berwisata ke Margo Utomo yang merupakan penginapan bernuansa alam. Ditempat ini, sambutan hangat dari Direktur Margo Utomo, Ibu Endang mengatakan konsep yang dipakai Margo Utomo adalah back to natural (kembali ke alam). Pihaknya juga memadukan pariwisata dengan perkebunan. Karena itu apabila bertandang ke Margo Utomo, para tamu juga bisa menikmati wisata perkebunan, antara lain: pohon karet, pohon kopi, vanili, cengkeh, merica, cokelat, durian, kelapa serta tumbuhan rempah lainnya. 

 “Wah, wisata ke Margo Utomo ini memang asyik. Suasana sejuk dan indah pemandangan alamnya. Disini kita bisa melihat perkebunan berbagai tanaman, sayangnya pas tumbuhan cokelat, buahnya belum matang jadi belum bisa merasakan aroma cokelatnya. Tapi yang pasti seru kok perjalanan wisata ini” tutur Monica, salah satu mahasiswa UPW Akpar Majapahit.
Berlanjut, menikmati obyek wisata ke Teluk Hijau (Green Bay), dimana wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran, Banyuwangi ini memiliki panorama air laut berwarna hijau dengan hamparan pasir putih. Pantai yang tenang jauh dari keramaian kota ini di kelilingi oleh hutan tropis yang menyegarkan mata dengan hijaunya yang masih alami dan suasana yang asri membuat siapapun yang melihatnya merasa kagum. Sebelum menuju ke pantai wedi ireng, mahasiswa sempat bertandang ke tempat pembuatan gula merah. Wah, info kuliner yang bagus untuk disimak !   



Tak kalah serunya, wisata pantai selanjutnya ke Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu pantai cantik yang ada di Desa Pancer Banyuwangi. Pantai ini masih sangat asri dan alami dengan air laut yang berwarna biru dan cukup jernih. Bibir pantainya dikelilingi pepohonan hijau yang memberikan suasana teduh. Pasir pantainya tersusun dari pasir berwarna putih dan hitam yang menjadi satu. Deretan karang di tepi pantai semakin menambah pesonanya. Wisatawan pun bisa bermain air, berenang ataupun snorkeling.

Begitu tengah malam, perjalanan wisata dilanjutkan ke Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen. Saat berada di kawasan kawah Ijen, kita bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya. Dibalik kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang yang elok. Tak hanya itu, hampir semua pengunjung yang berada ditempat ini ingin menyaksikan fenomena alam yang unik yang sayang untuk dilewatkan yaitu kawah biru atau blue fire. Nah, untuk menuju ke tempat ini memang diperlukan sedikit perjuangan, berangkat tengah malam dengan mengendarai mobil jeep karena kawasan ini jalannya berkelok dan menanjak. Pasti sangat menarik !



Sebuah perjalanan wisata yang melelahkan namun sangat mengasyikan ini terbayarkan oleh pemandangan bermacam tempat wisata yang indah nan mempesona. Harapannya setelah mengikuti kegiatan studi observasi, bisa membuka wawasan mahasiswa akan dunia pariwisata di Jawa Timur dan mereka mampu untuk berwirausaha menyelenggarakan tour baik di domestik maupun internasional, pungkas Ibu Dewi Mariyanah, SST.Par.


Ingin belajar seperti mereka ? Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya tempatnya. Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) merupakan salah satu pendidikkan tinggi dengan jenjang pendidikkan ahlimadya (D3). Dimana menjadi pusat penyelenggaraan keterampilan dalam usaha perjalanan wisata yang mempunyai rancangan standar unggulan serta kepentingan sumber daya manusia dengan memperluas wawasan keterampilan dalam bidang usaha perjalanan wisata.
Dengan rancangan yang terintegrasi mulai dari kurikulum, dosen, praktik (lapangan dan di kampus) serta fasilitas memadai, diharapkan mahasiswa mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja. Jadi tunggu apalagi, yuk gabung di Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW). *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar