twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 21 Oktober 2015

Pentingnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) - Di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit




Pentingnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit


UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di sebuah perguruan tinggi bisa dibilang penting, karena di kampus kegiatan mahasiswa bukan hanya sekedar kuliah mencari ilmu saja, akan tetapi juga harus mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Dengan adanya UKM dapat membantu mengembangkan potensi, minat, kepribadian, dan bakat yang ada pada mahasiswa tersebut. Lantas bagaimana UKM yang dibina di kampus Akademi Pariwisata Majapahit?


Maftucha, Dipl.Hot, SE, M.Par
         Sejumlah mahasiswa/i Akademi Pariwisata Majapahit berkumpul mengikuti pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lobby kampus yang sejuk dan nyaman, Jumat (16/10).
            Dalam pelaksanaan pengenalan UKM yang dihelat oleh senat akademi, tampak Ibu Maftucha, Dipl. Hot, SE, M.Par selaku Asdir III bidang kemahasiswaan turut hadir.  Beliau menjelaskan bahwa UKM adalah wadah untuk mahasiswa berkegiatan sesuai minat dan bakatnya dengan dibina oleh Biro Kemahasiswaan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan aktivitas yang dijalankan oleh UKM dan open recruitment bagi mahasiswa untuk memilih sesuai minat dan bakatnya.
“Selain itu dengan adanya wadah UKM ini bisa memberikan kesempatan mahasiswa mengespresikan  diri secara bebas sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka. Misalnya mahasiswa yang memiliki minat dan bakat pada ekstrakurikuler fotografi untuk mengembangkan bakatnya dan berlatih dengan instrukturnya. Atau misalkan yang memiliki potensi di bidang bahasa, bisa mengikuti UKM yang menunjang bahasa, misalnnya Bahasa Jepang, Bahasa Prancis dan lain-lain” kata Ibu Maftucha.

aksi “juggling demonstration”
Sebagai pembuka dalam pelaksanaan pengenalan UKM, senat akademi memperkenalkan aksi “juggling demonstration”. Seorang instruktur juggling terlihat lincah menangkap botol yang dilempar ke udara. Sesekali, dua botol diputar ke udara dan ditangkap dengan gerakan tubuh memutar. Atraksi ini mengundang perhatian mahasiswa lainnya.

           
Aditya, sang instruktur juggling terlihat cukup lihai melakukan atraksi melempar dan menangkap botol minuman. Keahlian ini sengaja ditunjukan kepada mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Wah, pasti seru UKM ini. “Untuk UKM ini, kita belajar dari basic, kalau lancar bisa atraksi langsung flairing maupun mixiology. Keahlian ini sangat penting sebagai daya tarik di bar atau restauran,” ungkapnya.


Masih menurut Asdir III Ibu Maftucha, kegiatan ini perlu rutin digelar agar mahasiswa tertarik mengikuti UKM. Sebab diakuinya, masih sedikit mahasiswa yang mau bergabung dan aktif di kegiatan kemahasiswaan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini.



Nah, untuk jenis UKM yang dibina di kampus Akademi Pariwisata Majapahit adalah UKM Fotografi, UKM Juggling, UKM Olah raga (futsal, basket, bulutangkis), UKM Paduan Suara, UKM Seni Tari (klasik & Modern), UKM Fruit carving, UKM Bahasa (Inggris, Prancis, Mandarin & Jepang), UKM MC (Master of Ceremony). Apresiasi buat semua UKM Akpar Majapahit semoga sukses dan maju terus. *Upi  



Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 234 & 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar