twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 21 Oktober 2015

Prodi UPW Akpar Majapahit - Jatim Travel Mart (JTM) 20015



Prodi UPW (Usaha Perjalanan Wisata) – Akademi Pariwisata Majapahit
Keikutsertaan Mahasiswa UPW Sebagai Tour Guide Dalam Jatim Travel Mart (JTM) 20015
 

Jatim Travel Mart (JTM) V 2015, kegiatan wisata bergengsi yang digelar oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Timur kali ini mengenalkan potensi wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. 4 (empat) mahasiswa/i Akademi Pariwisata Majapahit dari prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), berkesempatan mengikuti acara ini sebagai tour guide. Bagaimana cerita seru dari mereka?

Akademi Pariwisata Majapahit sebagai salah satu perguruan tinggi swasta diharapkan mampu mencetak tenaga pariwisata yang profesional, berwawasan dan berkarakter. Melalui Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), mahasiswa akan dididik untuk menjadi entrepreneur di bidang tourism (bisnis pariwisata).


Kaprodi UPW, Dewi Mariyanah, M.Par
Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, Dewi Mariyanah, M.Par menuturkan keikutsertaan prodi UPW Akpar Majapahit dalam kegiatan Jatim Travel Mart 2015 ini sebagai implementasi pengembangan teori mata kuliah Tour Guide. Di kegiatan ini 4 (empat) mahasiswa/i jurusan UPW semester III sengaja dilibatkan dengan tujuan agar mereka dapat belajar memberikan pelayanan yang bagus, menarik dan berguna kepada wisatawan serta bersikap sopan dan menyenangkan.

“Kegiatan ini bentuk kolaborasi praktek untuk membangun pendidikan sekaligus promosi bagi kampus serta dapat membuka wawasan mahasiswa akan dunia pariwisata. Tak hanya itu, dengan kagiatan ini, diharapkan mahasiswa mampu menciptakan wirausaha dibidang tour & travel dan menyelenggarakan tour baik domestik maupun mancanegara” ujar dosen muda ini secara tegas.


(Dari Ki-Ka: Daniel, Munifah, Dwita & Yolanda)

Ditemui secara terpisah, 4 (empat) mahasiswa/i prodi UPW, yaitu Daniel, Munifah, Dwita dan Yollanda berbagi keseruan selama 3 (tiga) hari menjadi tour guide Jatim Travel Mart (JTM) 2015 di Kabupaten Malang. Kekompakan mereka terlihat saat menjawab pertanyaan bagaimana perasaannya selama menjadi tour guide?. Senang dan bangga, itu yang terucap oleh mereka. 


Daniel menceritakan dengan detail tugasnya selama acara Jatim Travel Mart. Di mulai dari kegiatan pentas budaya akbar, di Pendapa Agung Kepanjen hingga memandu peserta melihat keindahan Pantai Lenggoksono dan acara outbound. Yang pasti sebagai tour guide itu mengasyikan, karena  para pelaku wisata sangat antusias ingin mengenal lebih jauh wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Mulai potensi wisata petik apel, wisata desa, wisata pantai hingga wisata budaya dan sejarah, ujarnya.


Ditambahkan oleh Munifah, kegiatan yang diikuti oleh 64 peserta, terdiri dari pengelola travel dan hotel ini tidak semua peserta berasal dari Indonesia, tetapi ada beberapa peserta berasal dari Malaysia dan Singapura. Maka untuk menjadi pendamping peserta ini, saya berusaha berhati-hati dalam mengenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang, agar komunikasi dengan peserta dapat berjalan efektif” ungkap Munifah yang baru pertama kali sebagai tour guide.


“Hingga sejauh ini kami merasakan tugas sebagai tour guide sangatlah menyenangkan, walaupun sedikit lelah namun semua ini terbayarkan ketika melihat wisatawan yang kami pandu juga merasakan puas. Ini adalah pengalaman pertama bagi kami dan kami tak lantas puas. Karena kami masih ingin menjadi tour guide yang profesional yang memiliki beragam ketrampilan sehingga memiliki nilai plus dibanding pemandu wisata biasa” pungkas Dwita dan yollanda.



Nah, tertarik mempelajari tour guide? Selain bisa keliling sejumlah tempat di dalam negeri, juga berkesempatan melanglang buana ke sejumlah negara. Bukan cuma gratis tapi juga dibayar. Lalu bagaimana menjadi tour guide yang andal? Akademi Pariwisata Majapahit dengan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang telah terakreditasi B memberikan kemudahan mencetak orang-orang yang siap di dunia pariwisata, baik itu perhotelan, travel, maupun kepariwisataan. Jadi tunggu apalagi, yuk gabung di Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. *Upi





Kampus Akademi Pariwisata Majapahit



Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto

E-mail : akparmajapahit@gmail.com



Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya

Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109

Hp. 081233752227, 081234506326

Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E

Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info






Tidak ada komentar:

Posting Komentar