twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 01 Desember 2015

Profil - Chef Vivi

Dunia Pastry Yang Imajinatif & Penuh Seni

Dalam pandangan Laurentia Vivi Wardana, S.Pd atau yang kerap disapa dengan Chef Vivi, 39th, dunia pastry menyediakan ruang kreatifitas yang imajinatif dan penuh seni. Tak akan pernah habis untuk dieksplorasi, selalu dinamis dan berkembang seiring kemajuan teknologi, sehingga mendorong kreatifitas bagi para pastry chef.



Kecintaannya dengan dunia pastry didorong kenangannnya bersama sang mama yang selalu mengikutsertakannya saat membuat kue di dapur sejak kecil. Dari situlah Laurentia Vivi Wardana, terus memupuk ketertarikannya dengan dunia pastry. Demi memenuhi kertertarikannya dengan pastry, Chef Vivi menempuh pendidikan S-1 Tata Boga di Universitas Negeri Surabaya.

Setelah menamatkan pendidikannya, Ibu dua anak putri ini mengembangkan karir dengan bekerja sebagai redaktur boga di beberapa tabloid kuliner selama 15 tahun. Berbekal pendidikan dan pengalamannya, Tahun 2014, barulah Chef Vivi bergabung di dunia pendidkan sebagai dosen pengajar pastry di Akademi Pariwisata Majapahit dan Tristar Collaboration with Indonesia European University (IEU), program S1 International Culinary Business.

Bagi Chef Vivi, dunia pastry lebih menantang. Pastry itu ibarat di sekolah seperti belajar ilmu pasti. Semua ada aturan atau takarannya tidak cukup mengandalkan hati saja, seperti contohnya membuat kue yang sudah pasti ukurannya, kue itu akan berbeda jadinya jika kita ubah-ubah ukurannya. Gaya beliau yang ramah, tegas dan full of energy tampak jika sudah berada di dapur. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik murid-muridnya agar berdisiplin.

Melalui dunia pendidikan, Chef Vivi berharap bisa mendidik mahasiswa/i yang terampil dan siap pakai bekerja di bidang pastry. Setidaknya mereka yang kuliah di kampus ini bisa menjadi regenerasi sumber daya manusia yang siap kerja, karena menurutnya selama belajar dikampus ini, mahasiswa/i lebih banyak melaksanakan praktek dibandingkan dengan memperoleh teori. Hal ini diharapkan mahasiswa/i terbiasa melakukan praktek, sehingga lebih mudah bekerja dibawah tekanan dan lebih terampil.

Disamping itu berkecimpung di dunia pastry memberikan ruang kreatif yang cukup luas dengan makanan sebagai medianya. Di pastry bukan hanya ahli membuat kue, tetapi juga dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, memiliki sense of art (seni) dan imajinatif untuk menghasilkan karya kuenya lebih menarik dan unik’ tandas wanita kelahiran Probolinggo, 24 September ini.

Dengan kepiawaannya, berikut salah satu kreasi kue buah mini fantasi dari Chef Vivi yang gampang dibuat dan diaplikasikan dengan beragam bentuk.

Bahan:
·        150 gr                         Kacang hijau kupas, rendam
·        100 gr                         Gula pasir
·        120 ml                        Santan kental
·        ½ sdt                           Vanila bubuk
·        Secukupnya              Pewarna makanan
·        Secukupnya              Garam
 Lapisan:
·        1 Sachet                     Agar-agar putih
·        secukupnya               Air

Cara Membuat:
1.      Kukus kacang hingga lunak, angkat dan haluskan.
2.      Siapkan gula, santan, vanila masak hingga mendidih.
3.      Masukan kacang hijau kupas yang telah dihaluskan, aduk-aduk sampai mengental (sampai adonan bisa dibentuk tangan). Matikan api. Angkat dan dinginkan.
4.      Bentuk adonan menjadi bentuk buah-buahan mini. Tancapkan dengan tusuk sate secara terbalik ke sterofoam.
5.      Olesi dengan pewarna makanan sesuai dengan warna buah.
6.      Celupkan buah-buahan kedalam adonan agar-agar (lapisan). Biarkan hingga kering dan sajikan.


Demikianlah Chef Vivi, disela-sela kesibukannya berkarya didapur Pastry kampus IEU dan tidak lupa berbagi ilmunya dengan mengajar. *Upi


S1 Education Program
“International Culinary Business”

IEU (Indonesian European University)
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B

Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
www.kuliah-sambil-kerja.com
www.tristarculinaryinstitute.com

www.ieu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar