twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Jumat, 12 Februari 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture

Hadirkan Pastry Chef Profesional
Ajarkan Tentang Cokelat

Berbicara tentang cokelat selain memberi sensasi rasa manis, juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain untuk menghasilkan citarasa baru, atau tampilan yang secara artistik dapat diciptakan dari cokelat. Kepada mahasiswa kelas pastry, tim chef dari ChefMate Chocolate yang dipimpin oleh Chef Giat Setyawan berbagi ilmu pengetahuan tentang cokelat. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas pastry saat mengikuti perkuliahan materi cokelat.

Jumat (05/02/2016) pagi, bertempat di laboratorium praktek pastry Akademi Pariwisata Majapahit yang berada di jalan Raya Jemursari No.244 Surabaya, kedatangan Chef Giat Setyawan sebagai dosen tamu (guest lecture) dengan ini bertujuan mengajak mahasiswa kelas pastry untuk belajar tentang materi cokelat dari perkebunan hingga menjadi cokelat secara detail.

Chef Giat Setyawan memberi materi kuliah mengenai pengenalan dasar tentang cokelat yang memiliki nama latin Theobroma Cacao ini berasal dari daerah Amerika Selatan, lalu diceritakan pula tokoh-tokoh yang ada hubungannya dengan cokelat, varietas cokelat (criollo, forastero & trinitari).
Dengan menggunakan media proyektor, Chef Giat juga menjelaskan bagaimana pengolahan biji cokelat ditingkat petani, dimana sebelum diproses dipabrik, biji cokelat terlebih dahulu difermentasi dengan diperam selama beberapa hari, lalu dijemur dan pada tahap ini biji cacao akan berubah warna menjadi cokelat gelap dan mengeluarkan aroma cokelat yang tajam. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai proses pembuatan cokelat dipabrik cokelat hingga menjadi cokelat blok, seperti dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate.


Dalam acara ‘Guest Lecture’ yang berdurasi kurang lebih 3 jam tersebut, Chef Giat memaparkan tentang ‘Chocolate Handling’ yang biasanya dipergunakan dibidang pastry ataupun bakery yaitu compound chocolate dan couventure chocolate.
‘Perbedaan dasar dari kedua cokelat ini adalah fat yang digunakan pada proses pembuatannya yang menyebabkan perbedaan rasa, texture dan penanganan dari cokelat tersebut. Sedangkan, aplikasi pada produk pada dasarnya sama yaitu untuk coating, filling, mousse, ganache, decorasi, dan lain sebagainya’ ungkap Chef Giat.


Dengan materi tentang cokelat yang telah disampaikan, Chef Giat juga memotivasi para mahasiswa pastry Akpar Majapahit harus selalu berwawasan luas dan bisa menciptakan berbagai produk yang kini semakin bervariasi dan menarik tampilannya agar dapat bersaing di industri makanan, sehingga diperlukan adanya skill dan kreatifitas yang tinggi. Nah, untuk produk cokelat, tim chef dari ChefMate Chocolate mengajak baking demo membuat truffle, penasaran kan?  pungkasnya.

Hal senada diutarakan oleh Otje Herman Wibowo, SE, M.Par, selaku dosen pastry dan Asdir II Bidang Keuangan Akpar Majapahit menyampaikan dengan mengundang Chef Giat Setyawan dan tim dari ChefMate Chocolate, diharapkan bisa membuka wawasan pengetahuan mahasiswa Akpar Majapahit untuk menambah jiwa seni sehingga bisa memberikan sentuhan-sentuhan yang artistik pada makanan, selalu belajar dan tidak pernah berhenti menciptakan ide-ide baru (up todate) yang segar serta memiliki jiwa entrepreneur agar bisa mengembangkan disiplin ilmunya. tegasnya disela-sela acara ‘Guest Lecture’.

Di akhir acara, para mahasiswa pastry berfoto bersama Chef Giat Setyawan dan tim dari ChefMate Chocolate. Kegiatan ini merupakan program kerjasama ChefMate Chocolate dengan Akademi Pariwisata Majapahit, yang diberi nama ‘Guest Lecture’ dan akan diselenggarakan beberapa kali pertemuan dengan materi yang berbeda-beda.*Upi.


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org /www.matoa.info



Tidak ada komentar:

Posting Komentar