twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 22 Februari 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture

Baking Demo Tampilkan Cake 

ala Hotel Berbintang



Setelah sebelumnya sukses mengadakan baking demo dengan membuat Chocolate Truffle di laboratorium pastry Akpar Majapahit, pada tanggal 15 Februari 2016, beberapa waktu lalu ChefMate Chocolate kembali diundang untuk baking demo serupa di laboratorium pastry di Akademi Pariwisata Majapahit. Team Chef dari ChefMate Chocolate yaitu Chef Topan Irianto dan Chef Freddy Yorico mendemokan sebuah resep kreasi dari chocolate bergaya hotel berbintang yang tentunya bisa dijadikan inspirasi bagi mahasiswa pastry dalam mengembangkan ilmu pastry-nya. Baking demo kali ini membuat Matcha Caramel on Buttersnap Tartlet.



Kehadiran Chef Topan Irianto dan Chef Freddy Yorico dari ChefMate Chocolate di kampus Akpar Majapahit ini menjadi salah satu dosen tamu (Guest Lecture) yang mengajak mahasiswa pastry melihat secara langsung bagaimana membuat cake bergaya hotel berbintang yang selalu memiliki tampilan yang menarik.

Dihadapan para mahasiswa pastry, Chef Topan menjelaskan bahwa disamping penampilan yang sangat penting pada dasarnya cake bergaya hotel berbintang mempunyai karakteristik tekstur yang berbeda-beda dalam satu cake. Seperti dalam baking demo ini membuat Matcha Caramel on Buttersnap Tartlet, terdapat tiga bagian cake yang mempunyai karakteristik tekstur yang berbeda-beda. Buttersnap tartlet dought yang cenderung crunchy, caramel nougat yang legit, serta ganace filling yang mempunyai tekstur lembut ini dibuat dari cokelat green tea sehingga rasanya lebih menyegarkan,” papar Chef Topan.

“Selain tekstur, permainan rasa juga penting dalam membuat tartlet yang lezat. Dengan tambahan kelapa kering, kayu manis bubuk dan gula palem, dapat memberikan sensasi rasa yang lebih beda. Jadi rasanya tidak monoton seperti tartlet pada umumnya”, ungkapnya.

Setelah berbagai penjelasan selesai disampaikan, Chef Topan dan Chef Rico segera mulai menjelaskan cara membuatnya. Langkah demi langkah dijelaskan oleh Chef Topan dan Chef Rico secara berurutan, tak lupa berbagai tips sukses dalam pembuatan chocolate ganache yang mempunyai kilau sempurna.

“Dalam resep Matcha Caramel on Buttersnap Tartlet untuk membuat ganache yang smooth dan shiny, sebaiknya fresh cream dipanaskan hingga mendidih. Barulah kemudian masukkan ChefMate matcha Chocolate Compound dan aduk hingga cokelat larut. Terakhir bisa ditambahkan unsalted butter dan aduk kembali hingga rata. sebenarnya untuk mendapatkan hasil kilau yang sempurna tergantung bagaimana cara kita mengolah cokelat tersebut,” jelas para chef muda ini.


Tak lama kemudian, proses pembuatan Matcha Caramel on Buttersnap Tartlet pun segera menunjukkan hasil jadinya. Para mahasiswa juga bisa mencicipi hasil demo yang kala itu dibagikan.  “Wah acara baking demo ini cukup menarik menampilkan resep-resep yang inovasi, Yang pasti beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan tips-tips dalam mengolah cokelat. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya bermanfaat ilmunya dan tidak rugi ikutan baking damo ini’ ungkap Lia, Sanford dan Ervina, mahasiswa pastry.

Sampai jumpa di acara baking demo selanjutnya dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org /www.matoa.info


Tidak ada komentar:

Posting Komentar