twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 10 Februari 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Pastry Advanced Class

Kreasi Cupcake & Bouquet Cantik 

Spesial Valentine

Decak kagum serta ingin mencicipi pasti akan terasa begitu melihat aneka cupcake mungil dan cantik kreasi mahasiswa kelas pastry advanced. Saking menariknya, tentu sayang untuk dimakan. Terlebih, pembuatannya pun membutuhkan upaya ekstra sehingga menjadi cantik. Bagi dosen pengajar pastry, chef Laurentia Vivi Wardana, S.Pd, menuturkan pembuatan aneka cupcake ini cukup menyita perhatian. Pasalnya, kreasi cupcake yang dipelajari kali ini memiliki tema tersendiri, seperti tema cupcake spesial valentine. Bagaimana keseruan mahasiswa kelas pastry advanced dalam praktek pembuatan cupcake?

            Meski terdengar cukup menyita perhatian, bukan berarti pembuatan cupcake ini tidak bisa dibuat sendiri. Kita bisa melihat beragam cupcake garapan mahasiswa pastry advance memunculkan banyak model hiasan yang menarik. Ada Minion Cupcake, Cone Rainbow Swirl Cupcake, Heart Cupcake, Blue Choco Cupcake, Fancy Shoes Cupcake, Burger Charcoal Cupcake, Imlek Cupcake, Nutella Classic Cup Cake, Cactus Cupcake, dan Bouquet Cupcake.

Selama 5 (lima) hari, mahasiswa pastry advanced belajar membuat kreasi cupcake. Dimana tampilan cupcake ini tak hanya sekedar cake yang dibentuk mungil-mungil saja, namun terasa lebih istimewa karena penampilannya yang lebih bisa dimodifikasi sesuai keinginan (tema). Karena itulah melihat hasil cupcake yang unik ini sayang untuk dimakan.

Menurut chef Vivi, menyebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan agar cupcake tampil cantik, yaitu cetakan cupcake, i-cing (krim penghias) atau butter cream warna-warni, permen berbentuk hati dan bunga-bunga dari fondant.
Penasaran dengan mahasiswa pastry advanced yang begitu bersemangat menghias cupcake-nya?, Nah setelah bahan-bahan disiapkan, yang harus dilakukan adalah menyiapkan plastik segitiga (piping bag) yang diisi dengan butter cream. Karena kali ini temanya Valentine, para mahasiswa memilih butter cream warna merah muda, dan merangkai cupcake menjadi bentuk bouquet.


Kemudian mahasiswa memasang spuit (besi kecil berbentuk kerucut) di ujung plastik segitiga untuk mulai membentuk butter cream. Menghias cupcake, menurut Chef Vivi, intinya harus menutupi seluruh permukaan cupcake dengan butter cream tersebut dibentuk menjadi bunga.

''Ada teknik khusus untuk membuat hiasan cupcake yang baik. Yakni membuat tekanan atau lekukan yang pas, tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Kalau tidak, maka hasilnya akan putus-putus dan tidak rapi,'' jelas Chef Vivi.

Sepintas kelihatannya memang simpel. Namun ternyata butuh teknik khusus untuk bisa menghasilkan hiasan cupcake yang menarik. Bahkan butuh kreativitas tinggi untuk membentuk butter cream menjadi seperti bunga dan dirangkai menjadi bouquet (karangan bunga). Ditema Valentine, mahasiswa pastry advanced dengan sengaja menambahkan beberapa tulisan ‘Happy Valentine’ dan hiasan manik-manik berbentuk hati.
''Cupcake itu harus terlihat menarik, dan hiasannya bisa menggoda orang untuk mencicip,'' pesan Chef Vivi.

Pasti keren bukan, tampilan Kreasi Cupcake & Bouquet Cantik Spesial Valentine yang dibuat oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced? Sudah tidak diragukan lagi, kelas Pastry Advanced yang ada di kampus Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050








Tidak ada komentar:

Posting Komentar