twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 17 Februari 2016

Lembaga Kursus Tristar – Kursus Bakso & Sosis

Bakso & Sosis Selalu Jadi

Incaran Kursus Untuk Usaha



Yang namanya makanan cepat saji seperti bakso dan sosis masih menjadi primadona dalam usaha. Selain dari segi kepraktisannya gampang disajikan dan rasanya pun enak. Kini makin banyak orang melirik bisnis makan ini karena keuntungan dari usaha bakso dan sosis masih cukup menjanjikan. Melihat kedua makanan ini punya potensi untuk dijadikan pilihan usaha kuliner, Lembaga Kursus Tristar memberikan kursus Bakso & Sosis yang memiliki banyak penggemar. Materi yang diajarkan adalah Bakso Halus, Bakso Kasar plus Kuah, Sosis Ayam dan Sosis Sapi.

Bertempat di Lembaga Kursus Tristar yang berlokasi di Kompleks Prapen Indah J-5, berbagai kursus banyak ditawarkan disini. Baik kursus home industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam atapun Otomotif Cleaner. Seperti yang tampak pada siang kali ini sedang berlangsung kursus home industri bidang Food Product dengan tema bakso & sosis.

Anda yang mau usaha bakso dan sosis, tapi tidak mengetahui proses pembuatannya? Tempat kursus Tristar siap membantu Anda mengajari pembuatan Bakso Halus, Bakso Kasar plus Kuah, Sosis Ayam dan Sosis Sapi dengan menggunakan mesin ataupun teknik manual.


Bakso dan sosis merupakan makanan populer yang banyak digemari dari anak-anak hingga orang dewasa, selain karena rasanya lezat, makanan ini juga tergolong mudah disajikan. Nah, bagi Anda yang masih ragu makan bakso dan sosis karena tidak yakin dengan keamanannya? Lebih baik bikin sendiri saja. Yang pasti terjamin lebih bersih dan sehat karena kita sendiri yang tahu bahan-bahannya.

Diterangkan oleh instruktur kursus Tristar Ibu Endang Sri Rahajoe, SE, dalam praktek pembuatan bakso, perhatikan cara memilih daging yang segar. Selain cara memilih daging, juga dijelaskan mengenai bahan tambahan pangan (foodgrade) yang aman di konsumsi yaitu menggunakan phosmix agar hasil produk bakso memiliki tekstur kenyal, kres saat digigit, mengembang dan tekstur rata. “Jadi apabila kita menggunakan daging sapi yang kurang fresh atau daging beku, kita bisa menambahkan sedikit Phosmix agar hasil bakso tetap kenyal” ungkapnya sambil memberikan tips dan trik membuat bakso berkualitas.

Dalam kursus ini diajarkan pula cara kerja menghaluskan adonan daging dengan menggunakan mesin penggiling, lalu dilanjutkan dengan mencetak bakso menggunakan mesin pencetak yang otomatis dengan kapasitas 18000 pentol per jam. Dengan kecepatan tinggi bakso terbentuk dalam waktu yang sangat singkat, hasil bakso bulat dengan ukuran yang seragam. Besar kecilnya bulatan bakso bisa diatur sesuai dengan keinginan kita mulai dari diameter 1.5 cm – 4 cm. Bakso yang keluar dari mesin cetak bakso, ditampung di bak berisi air hangat, supaya bentuk bakso bulat dan tidak penyok karena beringgungan dengan bakso yang lain.


Setelah selesai, Ibu Endang Sri Rahajoe, SE juga menjelaskan sekilas tentang pembuatan sosis. Sama halnya membuat bakso, untuk sosis dibuat dari daging (sapi, ayam atau ikan) yang telah dicincang kemudian diberi bumbu-bumbu dan bahan tambahan seperti modified food starch yang dicampur dengan mesin penggiling, lalu dimasukan ke dalam pembungkus (casing) berbentuk bulat panjang, bisa disemprotkan secara manual ataupun dengan menggunakan mesin pengisi sosis. Cukup mudah, bukan?

Tidak hanya praktek pembuatan bakso dan sosis saja. Diterangkan oleh instruktur Endang Sri Rahajoe, SE, bahwa bakso dan sosis bisa dijadikan frozen food sebagai makanan/bahan makanan yang dibekukan. Setelah dikemas dengan menggunakan mesin vacuum sealer dan dibekuan membuat makanan ini memiliki daya simpan cukup lama (asalkan disimpan dengan cara yang tepat) tanpa tambahan pengawet buatan untuk menjaga kualitasnya.


Tertarik ingin bisa membuat bakso dan sosis sendiri? Seperti yang dilakukan oleh Ibu Iswahyurini peserta dari Surabaya, setelah pensiun bekerja di bank muncul keinginan untuk mengikuti kursus privat pembuatan aneka bakso dan sosis ini bisa dibuatnya sebagai bekal usaha kuliner.
“Sekarang ini kan banyak yang jual makanan bakso dan aneka macam sosis, karena anak-anak dirumah sangat suka, mudah-mudahan dengan kursus ini setidaknya saya bisa mengetahui resep dan pembuatannya. Siapa tahu, setelah saya bisa membuat bakso dan sosis ini sendiri, bisa jadi peluang usaha dirumah dan bisa dijual secara online” terang Ibu Iis sapaannya.

Bagaimana dengan Anda? Perkembangan bisnis makanan begitu cepat. Peluang untuk dikembangkan dalam skala rumah tangga sangatlah besar karena bakso ataupun sosis juga dapat diproduksi tanpa menggunakan mesin yang canggih. Anda mau coba? Tunggu apalagi, Lembaga Kursus Tristar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tempat belajar kursus. *Upi


Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:


Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB           
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar