twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 23 Februari 2016

Lembaga Kursus Tristar – Kursus Batagor & Siomay Bandung

Terpikat Rasa Batagor & Siomay Bandung
Untuk Usaha Di Kota Batu - Malang
  

Siapa sih yang tidak terpikat jajanan populer bernama batagor dan siomay Bandung yang dipadu saus kacang?. Rasanya yang gurih dan lezat makin menggugah selera. Oleh karena itu, tak ayal jika makanan yang banyak penggemarnya ini sering dijumpai diberbagai tempat mulai dari pedagang kaki lima, swalayan, restauran hingga untuk sajian pesta. Kini Anda pun bisa membuatnya sendiri, bahkan juga bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Seperti yang dilakukan oleh ibu Suadana peserta kursus privat ‘Kursus Tristar’ yang datang dari Batu-Malang beberapa waktu lalu.

  

Bertempat di kompleks Prapen Indah J-5 Surabaya dalam kursus privat ini, ibu Suadana dipandu oleh instruktur ibu Ernawati, S.Si, Apt dan Ifa (team kursus Tristar). Datang jauh-jauh dari Kota Batu – Malang, peserta kursus ini mengaku sangat tertarik ingin belajar membuat jajanan populer yang layak jual untuk usaha seperti batagor dan siomay Bandung.

‘Awal ingin kursus siomay dan batagor karena dikeluarga kami suka sekali makanan ini. Dari sinilah saya penasaran resep dan cara bikin siomay dan batagor yang enak itu bagaimana. Dari pada selalu beli, mendingan buat sendiri dan sebenarnya makanan ini sangatlah prospek untuk usaha’ ungkap ibu Suadana.

Kursus dimulai dengan diberikan penjelasan mengenai berbagai bahan yang akan digunakan sesuai resep. Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan peserta praktik sendiri sambil dipandu proses pembuatannya, dengan demikian peserta akan mudah mengerti dan cepat terampil dalam membuat materi yang diajarkan yaitu batagor, siomay Bandung, dan saus kacang.
Siomay dan batagor (bakso tahu goreng), satu diantara makanan yang tidak terpisahkan. Dimana ada siomay biasanya ada batagor. Kedua makanan ini memang mirip. Bedanya, siomay dibuat dengan cara dikukus, sedangkan batagor digoreng. Keduanya disajikan dengan menggunakan saus kacang.


Bahan yang digunakan untuk membuat siomay dan batagor tidak begitu sulit didapatkan karena banyak dijual di pasar dan juga hampir sama, yaitu dengan ikan tenggiri, tepung tapioka, dan tepung terigu. Bumbu yang digunakan antara lain gula, garam, bawang putih, bawang goreng dan penyedap rasa jika suka.
‘Ikan yang digunakan sebaiknya pilih yang masih segar karena siomay menggunakan bahan utama berupa ikan. Jika tidak segar maka tidak bisa terjamin rasanya enak’ jelas ibu Ernawati, S.Si, Apt.

Jika ditilik dari rasanya memang agak berbeda dari siomay yang umumnya dijajakan keliling dengan sepeda atau gerobak. Walaupun isi pendampingnya sama namun siomaynya sendiri berbeda. Siomay Bandung agak lembut dan empuk serta tidak terlalu kenyal. Sementara itu pelengkap pendampingnya adalah sama seperti tahu, kentang, kol dan pare. Tetapi biasanya pada siomay Bandung masih dilengkapi lagi dengan disiram saus kacang yang manis pedas agak asam.
‘Untuk membuat jajanan ini bisa dibilang susah-susah gampang dan tidak banyak orang yang mengetahui cara pembuatannya. Dengan membutuhkan kesabaran dan ketelitian maka siomay Bandung dan Batagor ini rasanya akan enak’ ungkap ibu Suadana yang rencananya akan usaha batagor dan siomay Bandung jika ada acara bazar dari Pemerintah kota Batu - Malang.

Bagaimana dengan Anda ? Perkembangan bisnis makanan saat ini sangatlah berprospek untuk dijual. Peluang untuk dikembangkan dalam skala rumah tangga sangatlah besar karena makanan seperti Batagor dan Siomay Bandung, juga dapat diproduksi tanpa menggunakan mesin yang canggih. Anda mau coba ?..... *Upi


Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB       
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar