twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Kamis, 03 Maret 2016

Lembaga Kursus Tristar – Kursus Bawang Goreng

Ingin Membuat Bawang Goreng
Renyah & Gurih Layak Jual

Bawang goreng memang tidak bisa dianggap sepele sebagai pelengkap taburan masakan. Aromanya wangi dan rasanya yang gurih renyah cocok dipadu dengan berbagai masakan. Lantas bagaimana cara membuat bawang goreng agar renyah, garing dan gurih? Ini yang menjadi rasa penasaran oleh seorang peserta kursus dari Surabaya bernama Yuliani. Bersama instruktur kursus Tristar Ibu Endang Sri Rahajoe, SE, dalam kursus privat ini mengulas cara dan triknya agar mendapatkan bawang goreng yang renyah dan gurih sehingga bisa layak jual untuk usaha.

  
Bila dilihat sepintas, membuat bawang goreng kelihatan begitu mudahnya, hanya mengiris tipis bawang merah, lalu digoreng. Namun ternyata tidak semudah yang dikira, karena kebanyakan hasil yang didapat tidak seperti yang diinginkan. Tidak jarang bawang goreng yang dibuat tidak renyah, lembek bahkan masih sedikit basah dan berminyak, sehingga tidak bisa tahan lama dan aromanya mudah tengik. Itulah yang dikeluhkan oleh peserta kursus kali ini.

Karena penasaran, sebelum praktek Ibu Endang Sri Rahajoe, SE menjelaskan terlebih dahulu materi singkat tentang bawang goreng. Bagaimana memilih bawang merah yang berkualitas, lalu dijelaskan teknik mengiris tipis bawang, dilanjutkan bahan tambahan apa saja yang musti digunakan agar menghasilkan bawang yang renyah serta cara menggorengnya.

Dalam prakteknya, Ibu Endang Sri Rahajoe, SE dibantu oleh Niken Sintiya Pujiani mendemokan langkah-langkah yang musti diperhatikan saat membuat bawang goreng agar hasilnya renyah dan tampilannya tetap cantik. Dengan menggunakan alat bantu 3 (tiga) jenis mesin, yaitu mesin perajang (mengiris bawang), mesin penapis air / minyak goreng, dan mesin hand sealer untuk proses pengemasannya.

“Awalnya membayangkan membuat bawang goreng itu gampang, setelah coba membuat sendiri kok tidak sesuai dengan harapan, hasilnya bawang gorengnya berwarna kecokelatan, agak gosong, tidak renyah dan berminyak lagi. Gimana layak jual kalau hasilnya tidak maksimal. Karena ada rencana untuk usaha jual bawang goreng dalam kemasan, terpikirlah ikutan kursus seperti ini” cerita Ibu Yuliani, peserta kursus Tristar.
Setelah mengikuti kursus Tristar ini, instruktur Ibu Endang Sri Rahajoe, SE dan Niken Sintiya Pujiani selalu menjelaskan secara detail proses pembuatan bawang goreng hingga hasilnya seperti yang diharapkan. Untuk prakteknya dijelaskan membuat bawang goreng dengan 3 (tiga) perlakuan yaitu bawang goreng tanpa campuran tepung, lalu bawang goreng yang dicampur tepung dan bawag goreng dicampur tepung dengan kadar air rendah. Penasarankan hasilnya?

Tampak hasil bawang gorengnya cantik-cantik, renyah, gurih dan kering tidak banyak minyak. Pesan yang selalu disampaikan instruktur, sebelum di masukan ke dalam kemasan pastikan bawang gorengnya dalam keadaan dingin dan minyaknya sudah habis, agar menghasilkan bawang goreng yang renyah dan kering serta tahan lama. *Upi


Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB           
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

www.kursustristar.com / www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar