twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 19 April 2016

Akademi Pariwisata Majapahit - D3 Perhotelan Study Tour Bandung

Study Tour ke STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung

Mahasiswa Program Studi Perhotelan, Akademi Pariwisata Majapahit melakukan study tour ke STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung pada hari, Jumat 15 April 2016. Kegiatan di bawah bimbingan dosen R.Paulus Soetrisno, M.Par, ini dimaksudkan agar menambah wawasan mengenal lebih dekat berbagai keunggulan pendidikan pariwisata khususnya perhotelan di STP Bandung yang bisa digunakan sebagai literature. Bagaimana keseruan study tour kali ini?


Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, satu diantara perguruan tinggi bidang Pariwisata yang terbaik di Indonesia menjadi pilihan 16 mahasiswa Program Studi Perhotelan, Akademi Pariwisata Majapahit sebagai tempat studi tour.

Dengan mengendarai bus pariwisata, rombongan mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit yang didampinging beberapa dosen, diantaranya ada R.Paulus Soetrisno, M.Par, Hardhita Kusdharyanto, M.Par, Bambang Sutrisno, S.T dan Suhendra Harja bertandang ke STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung yang berlokasi di jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, Jawa Barat. STP dahulu dikenal dengan nama NHI (baca: eNHaii), sebuah perguruan tinggi yang memiliki program pendidikan profesional yang menekankan pada pencapaian keterampilan.
“Melalui studi tour ini mahasiswa diajak belajar langsung pengenalan produk knowledge sarana dan prasarana operasional yang ada di STP Bandung. Mereka juga bisa belajar secara mendalam mengenai pendidikan yang dikelola, khususnya di bidang perhotelan, dan bidang-bidang yang terkait” ungkap R. Paulus Soetrisno, M.Par. selaku Kaprodi Perhotelan Akpar Majapahit.

Sambutan yang ramah dari pihak STP Bandung menerima kehadiran mahasiswa Program Studi Perhotelan dan beberapa dosen Akpar Majapahit ini disambut oleh Ibu Asti Murniati, A.Md Par, selaku sekretaris Unit Kom. Publik STP Bandung, dan mempersilahkan mahasiswa untuk berkeliling melihat berbagai fasilitas yang ada di kampus STP Bandung.


Dipandu oleh beberapa mahasiswa STP Bandung, fasilitas yang diperkenalkan meliputi layanan dari jurusan Hospitaliti, Jurusan Kepariwisataan dan Jurusan Perjalanan. Ada, Ruang simulasi front office, Laboratorium komputer registrasi hotel, Laboratorium Tata Graha, Hotel Praktik (eNHaii Hotel), Laboratorium Tata Boga dan Patiseri, Laboratorium Restoran dan Bar, Restoran Praktik (Nusantara Restoran), Ruang Studio, Bus Praktik (Bus mogok), Laboratorium Komputer Reservasi Penerbangan Online (Abacus & Galileo), Ruang Simulasi Reservasi Penerbangan, Ruang Praktik Kargo, Gerai Check-in Bandara, Ruang Simulasi Pemanduan Wisata / Bus Wisata, dan masih banyak lagi.

“Wah banyak sekali fasilitas pendidikan yang menarik yang bisa dibuat contoh. Dari laboratorium praktik, kamar hotel, serta ruang laundry yang sangat mendukung program pendidikan keterampilan yang ada di STP Bandung ini nantinya pasti bisa diterapkan di Akpar Majapahit” ungkap R. Nadhif Febrian, salah satu mahasiswa yang bertindak sebagai leader pada study tour kali ini.

Sebuah study tour yang menyenangkan. Puas berkeliling di lingkungan STP Bandung, kemudian berkumpul di ruang meeting yang ada di eNHaii Hotel, Ibu Asti Murniati, A.Md Par, menjelaskan kepada rombongan Akpar majapahit mengenai sejarah kampus hingga program-program di STP Bandung. Dengan penjelasan ini, diharapkan bisa membuka wawasan dan berbagi pengetahuan akan dunia perhotelan bagi mahasiswa Akpar Majapahit.

Disampaikan pula oleh Kaprodi Perhotelan, R.Paulus Soetrisno, M.Par. melalui study tour ke STP Bandung ini, diharapkan mahasiswa Program Studi Perhotelan Akpar Majapahit bisa menambah wawasan serta mengetahui kesiapan masyarakat dan pelaku pariwisata khususnya dunia perhotelan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tak hanya itu, dengan belajar manajemen perhotelan ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai keterampilan di bidang usaha Perhotelan, serta jangan lupa untuk selalu menerapkan greeting saat berjumpa.

Nah, kelar sudah rangkaian acara kunjunga edukasi di STP Bandung dan para mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit melanjutkan study tour dengan jalan-jalan sambil berwisata belanja di kota Bandung yang pasti tak kalah serunya.


Ingin belajar seperti mereka? Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya dengan Program Studi Perhotelan yang secara formal Diploma 3 berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 17/D/O/1997 tanggal 14 Juli 1997 ini menyiapkan sumber daya manusia yang profesional di bidang usaha perhotelan dengan dasar yang seimbang antara skill, knowledge, attitude dan mampu berkarakter wirausaha berwawasan global. Dengan rancangan yang terintegrasi mulai dari kurikulum, dosen, praktik (lapangan & kampus) serta fasilitas memadai, diharapkan mahasiswa mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja di masa mendatang. Jadi tunggu apalagi, yuk gabung di Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Majapahit. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar