twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 19 April 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – D3 Perhotelan Tour Bandung

“Menikmati Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Bandung”


Bandung, sebuah destinasi wisata istimewa bagi siapa saja yang hendak menikmati surganya wisata belanja oleh-oleh yang ada di Ibu Kota Jawa Barat. Kepopuleran tempat pariwisata di Bandung banyak yang bisa di eksplore sehingga dapat menimbulkan kesan tersendiri. Seperti inilah keceriaan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit saat study tour ke Bandung yang bisa diceritakan:


Perjalanan yang cukup melelahkan, namun paling mengesankan. Dengan naik kereta api (Pergi-Pulang), tampak wajah para mahasiswa program studi Perhotelan ini cukup menikmati keasyikan study tour ke Bandung.
Sebanyak 16 mahasiswa jurusan Perhotelan Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit setelah melaksanakan wisata edukasi ke STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung, kini waktunya menikmati wisata belanja oleh-oleh khas dari kota Bandung. Orientasi kegiatan wisata belanja ini bertujuan untuk refresing dan mengenalkan objek-objek wisata kuliner yang ada di Bandung kepada mahasiswa.

Dikatakan oleh Angela Merici Intan dan kawan-kawan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit, study tour ke Bandung merupakan sesuatu yang menyenangkan. Selama di Bandung, ia melihat sendiri bagaimana keindahan wisata alam dan keramahan masyarakat Bandung. “Jalan bareng teman-teman betul-betul asyik, menyenangkan dan tempat wisata belanja disini cukup keren apalagi banyak oleh-oleh khas Bandung yang bisa dinikmati. Pokoknya serulah,” kata mahasiswi yang centil ini memuji.

Menikmati berbagai tempat wisata di Bandung tentunya merupakan sebuah perjalanan wisata yang penuh sensasional bagi siapa pun. Sambil menikmati beragam keindahan wisata alam Bandung, rasanya tak lengkap tanpa mencicipi jajanan kuliner lezat di tempat wisata kuliner, sambil berbelanja oleh-oleh yang murah. Ini adalah hal- hal wajib yang tak boleh dilewatkan begitu saja sebelum kembali ke tujuan kota Surabaya.

Ketika mahasiswa D3 Perhotelan berwisata di Bandung, ini sebenarnya tidak cukup hanya dilakukan dalam waktu yang singkat alias sebentar, karena saking banyak dan beragamnya jenis dan aneka wisata yang ada di Bandung yang enak dinikmati. Namun dikesempatan yang singkat ini, mahasiswa D3 Perhotelan menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa pusat atau tempat yang menyediakan oleh-oleh khas Bandung.

Wisata Belanja Oleh-Oleh Di Cihampelas

Jalan Cihampelas terkenal dengan sentra jeans yang memiliki desain eksterior unik dan kreatif. Dulu di Cihampelas dikenal sebagai pusatnya pakaian model jaman dahulu sampai sekarang yang berbahan jeans. Namun sekarang Cihampelas dipenuhi dengan factory outlet (FO) yang menjual produk-produk fashion seperti baju, sepatu, tas, ikat pinggang, dan lain-lain yang berkualitas ekspor namun dengan harga yang terjangkau. Bisa dibilang, Cihampelas merupakan pusat wisata belanja di Bandung.

Untuk para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Bandung di Cihampelas juga sangat banyak toko-toko maupun pedagang kaki lima yang menjual berbagai oleh-oleh khas dari Bandung. Berikut beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa dinikmati:

Menikmati Manisnya Peuyeum & Jajanan Cimol, Cireng, Seblak, Basreng & Kripik Tempe

Tak sulit untuk menjumpai peuyeum di Bandung. Di kota-kota lain Peyeum disebut dengan tape dari singkong. Peuyeum banyak sekali dijual dipusat oleh-oleh, satu diantaranya dikawasan Jalan Cihampelas. Umumnya, peuyeum ini sudah di gantung di depan kios hingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan peuyeum.
Untuk pembuatan peyeum sebenarnya cukuplah mudah. Singkong yang telah dibersihkan kemudian direbus. Sehabis itu, singkong ditaburi ragi lalu disimpan ditempat tertutup. Peuyeum sudah dapat dinikmati 2-3 hari kemudian. Peuyeum digemari warga bandung karena mampu menimbulkan efek hangat di tubuh di tengah udara kota Bandung yang sejuk cenderung dingin.

 ·        Cimol, singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemul yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng. Rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat.
·        Cireng, singkatan dari aci (tepung kanji) di goreng, jajanan yang satu ini dibuat dari tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, air, garam, daun bawang serta minyak goreng. Cireng yang satu ini enaknya kalau dimakan saat hangat dan ditemani saus sambel yang pedas lho.

·        Seblak, makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan dicampur racikan bumbu pedas terdiri dari cabe, bawang putih, garam serta kencur. Seblak ini ada 2 jenis yakni seblak kering dan seblak basah.
·        Basreng, singkatannya bakso goreng ini lebih tepatnya lagi bakso yang kemudian diolah menjadi gorengan berbumbu. Bumbu ini diantaranya yakni rasa keju, asin, pedas, manis. Kota Bandung telah banyak orang yang mengenal makanan unik dan sederhana ini.

·        Kripik tempe, dibuat dari tempe yang dipotong tipis-tipis lalu dicelupkan dalam adonan tepung dan digoreng hingga kering. Gurihnya kripik tempe, kadang bagi masyarakat Bandung masih diberi tambahan bumbu bubuk yang bercitarasa pedas.

2.     Enaknya Mie Kocok Bandung Yang Hangat

Salah satu jajanan khas Bandung yang selalu digemari sejak dulu hingga kini adalah mie kocok. Mie kocok Bandung memang sudah ada sejak lama sehingga rasanya benar-benar istimewa khas resep warisan. Mie kocok tentu saja berbeda dengan mie pada umumnya. Untuk komponen mie kocok terdiri atas mie gepeng, tauge, kikil, bakso, daun bawang dan bawang goreng.
Entah darimana nama mie kocok berasal, namun menurut buku wisata jajanan Bandung, nama mie kocok berasal dari cara pembuatannya, yaitu dengan mencelupkan dan mengocok mie dan tauge ke dalam air panas hingga nampak layu. Meski begitu, tidak semua warung makan yang menyediakan mie kocok menggunakan cara pengolahan dengan cara demikian.

Membuat mie kocok ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Mulanya, masak air hingga mendidih, kemudian masukkan mie beserta tauge, setelah itu dilanjutkan dengan memasukkan potongan daging dan bakso. Setelah mie dan tauge sudah nampak layu, barulah dimasukkan bumbu-bumbu.
Satu porsi mie kocok lengkap dengan campuran daging dan bakso dibanderol dengan harga berkisar antara 10.000-15.000 rupiah. Harga yang tentu relatif murah untuk bisa menikmati kuliner khas nusantara yang satu ini. Apalagi penjual mie kocok banyak ditemukan di berbagai tempat dengan beraneka brand.


Wisata Belanja Oleh-Oleh Di Kartika Sari

Kartika Sari merupakan tempat penjualan aneka kue dan jajanan pasar yang terkenal di Bandung. Kali ini  bisa menjumpai Kartika Sari di kawasan jalan. H. Akbar Kebon Kawung Bandung. Salah satu menu andalan yang sering dijadikan oleh-oleh adalah aneka bollen. Bollen dengan isi durian, pisang, dan peuyeum merupakan menu-menu yang sering dibeli. Selain itu Kartika Sari juga menyediakan brownies panggang dan kukus yang enak. Kartika Sari juga menjual kue basah dan kering lainnya seperti bolu atau kue tart.

Menikmati Kenyamanan Belanja Di Paris Van Java Mall

Rasa penasaran Jika tidak ingin mengunjungi factory outlet dan distro, juga bisa mengunjungi pertokoan Paris Van Java Mall. Pusat belanja ini berkonsep open air dan menjadi rumah bagi banyak merek lokal dan internasional, restoran favorit buat keluarga, dan tempat nongkrong buat yang anak muda.
  

Nah, puas sudah menikmati tempat-tempat wisata belanja dan oleh-oleh Bandung yang dikenal sangat khas serta memiliki ciri unik, namun juga terkenal sangat lezat. Apabila oleh-oleh khas Bandung berupa makanan, jangan heran tentunya, karena memang kuliner Bandung populer akan kelezatannya yang akan menggugah selera bagi siapa pun. Ini patut ditiru oleh pelaku food tourism yang ada di Surabaya pada khususnya. Anda ingin bisa menikmati seperti mereka, Akademi Pariwisata Majapahit tempat pendidikan yang bisa jadi pilihan. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar