twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 04 April 2016

Kursus Tristar – Kursus Lumpia Semarang, Roti Bolang-Baling & Cakwe

Jajanan Populer Semarang
Yang Laris Untuk Usaha
  
Jajanan yang bernama lumpia Semarang, roti bolang-baling dan cakwe ini tak hanya populer di kota Semarang saja. Rasanya yang gurih dan lezat banyak disukai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Lantas pernahkah terbesit untuk membuatnya sendiri? Ini yang akan diterapkan oleh 5 (lima) orang peserta kursus Tristar yang datang dari Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya untuk bekal membuka usaha. Bersama instruktur Ibu Ernawati, S.Si, Apt, pelatihan kursus Lumpia Semarang, Roti Bolang-Baling, Cakwe dan Cakwe isi Udang, peserta juga diajarkan membuat kulit lumpia Semarang yang caranya cukup menarik. Penasarankan?


Bisnis jajanan lumpia Semarang, roti bolang-baling dan cakwe yang awalnya khas di Semarang, dewasa ini bisa populer menjadi usaha kuliner yang merambah diberbagai kota dan bisa menguntungkan.

Di kursus Tristar ini, instruktur ibu Ernawati, S.Si, Apt yang dibantu oleh Ifa (team kursus Tristar) mengajarkan semua hal tentang apa saja komposisi pembuatan lumpia Semarang, roti bolang-baling, cakwe dan cakwe isi udang yang rasanya enak. Campuran bahan apa yang digunakan, lalu cara membuat adonan roti bolang-baling dan beberapa variasi cakwe, serta bagaimana teknik membuat kulit lumpia yang benar, semua itu dibahas dengan jelas di kursus Tristar.

Bagi peserta kursus diajarkan dengan sistem praktik secara langsung cara-cara yang ditunjukkan oleh instruktur. Proses kursus dimulai dengan pengenalan dan penjelasan mengenai bahan serta jenis makanan yang akan diolah. Setelah bahan selesai dipersiapkan, Ibu Ernawati, S.Si, Apt, dan team kursus tristar mempraktikkan satu per satu materi kursus.
“Seperti halnya lumpia Semarang isinya berbeda dengan lumpia goreng biasanya. Lumpia goreng kan biasanya hanya diisi oleh sayuran, atau bihun, sedangkan untuk lumpia Semarang diisi oleh sayur rebung, ayam dan udang. Keistimewaan lumpia ini sangat terkenal, bukan karena bentuk dan ukurannya tetapi dari kelezatan rasa khasnya yang manis-manis gurih” ungkap ibu Ernawati, S.Si, Apt.

Di pasaran atau tempat-tempat penjualan kue, roti bolang-baling sering dijajakan bersamaan dengan cakwe sebagai pasangannya. Jajanan ini masing-masing memiliki citarasa yang lezat dan tekstur empuk. Yang membedakan rasa manis serta bentuknya yang mengembang menyebabkan roti bolang baling biasa disebut kue bantal karena bentuknya mirip bantal ukuran mini. Sedangkan cakwe memiliki rasa gurih, bahkan bagian dalamnya bisa diisi dengan udang.

Dijelaskan oleh ibu Ernawati, S.Si, Apt dalam membuat roti bolang-baling dan cakwe, cukuplah gampang. Dimulai dengan mengaduk bahan-bahan yang terdiri atas tepung terigu, gula, air, garam, serta pengembang menjadi adonan hingga kalis. Proses pun tidak berhenti disitu, karena adonan harus didiamkan hingga beberapa jam untuk kemudian dipotong-potong dan digoreng menjadi penganan yang orang sebut bolang-baling dan cakwe.

Setelah semua materi kursus dipraktikkan, para peserta bisa langsung mencicipi dan membawa pulang hasil makanan yang sudah dipraktikkan. Peserta pun mengaku sangat senang mengikuti jalannya kursus ini, karena selain menambah pengetahuan, hasil praktik bisa dibawa pulang, suasana kursus yang nyaman serta dipandu oleh instruktur yang ahli di bidangnya. Mau bisa bikin kue seperti mereka ? Datang dan tanyakan program-programnya ditempat Kursus Tristar. *Upi


Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB           
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

www.kursustristar.com / www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar