twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 18 April 2016

Kursus Tristar – Kursus Martabak Telur, Kue Lumpur & Pisang Kremes

Usung Citarasa Indonesia 
Untuk Bisnis Jajanan Di Amerika

Kadang kita tak pernah menyangka, jika jajanan yang sering kita jumpai sehari-hari di Indonesia, ternyata juga diminati di mancanegara. Karena banyak peminatnya inilah menjadi kesempatan untuk mengusung citarasa jajanan Indonesia ke luar negeri. Seperti yang dilakukan salah satu peserta kursus privat Tristar beberapa waktu lalu.

Datang jauh-jauh dari negara Amerika, Suryo Husodo meluangkan sehari waktu liburannya di Indonesia untuk kursus privat di ‘Kursus Tristar’. Sebagai warga negara Indonesia yang berdomisili di Los Angeles, Suryo mengaku begitu tertarik ingin mengusung citarasa jajanan Indonesia, seperti Martabak telur, Kue lumpur dan Pisang kremes untuk bisnis makanan di Amerika.

Dari hobi memasak, Suryo yang sudah membuka bisnis makanan berupa masakan Jepang di Los Angeles ini ingin menambah referensi bisnis makanan dengan tema jajanan Indonesia yang memiliki keunikan dalam proses pembuatan dan citarasa yang khas.  
“Di Los Angeles, jajanan seperti Martabak telur, Kue lumpur dan Pisang kremes yang khas Indonesia ini hampir gak ada yang jual. Nah, karena di Los Angeles sering ngikuti acara food truck, jadi itung-itung, jajanan yang enak dan populer di Indonesia ini rencananya akan saya jual di luar negeri, sambil promosi cara pembuatan jajanan yang unik” terang Suryo yang datang kursus bersama Ayundha Puspadini, sang ponakan.

Dalam kursus privat ini, Suryo Husodo dan Ayundha Puspadini dipandu oleh instruktur ibu Ernawati, S.Si, Apt yang dibantu oleh Nurul Hidayatin (team kursus Tristar). Kursus dimulai dengan diberikan penjelasan mengenai berbagai bahan yang akan digunakan sesuai resep. Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan peserta praktik sendiri sambil dipandu proses pembuatannya, dengan demikian peserta akan mudah mengerti dan cepat terampil dalam membuat semua materi yang diajarkan.



Uniknya Membuat Martabak Telur 
      
Martabak telur, satu diantara banyak jajanan gorengan yang digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Selain rasanya yang lezat, jajanan ini memiliki gizi tinggi terutama protein karena isinya dibuat dengan bahan bahan seperti daging, telur, dan irisan daun bawang. Sehingga jajanan ini cocok sekali untuk dinikmati kapan saja.
Jika kita mengetahui cara membuat martabak telur tidak sulit kok, caranya cukup sederhana dan gampang. Seperti yang dijelaskan oleh ibu Ernawati, S.Si, Apt, yang unik dari martabak telur adalah dari kulitnya. Bahan kulit dibuat dari adonan tepung yang direndam minyak goreng, lalu ditipiskan terlebih dahulu dengan cara sedikit dilempar untuk mendapatkan hasil kulit yang lebar dan tipis. Setelah mendapatkan kulit yang tipis, baru diisi adonan daging yang sudah dikocok dengan telur plus daun bawang. Lalu dilipat-lipat sisinya dan digoreng deh dengan sedikit minyak dilempengan wajan datar. Penasarankan cara membuatnya ?....


Lembutnya Kue Lumpur dari Kentang

Kue lumpur salah satu jajan tradisional terkenal di Indonesia yang banyak digemari. Konon, nama kue ini berasal dari teksturnya yang sangat lembut dan halus bagai lumpur lapindo. Untuk menghasilkan tekstur ini, adonan tepung pada kue lumpur ditambahkan dengan kentang rebus yang telah dihancurkan lalu dikocok hingga halus. Nah, untuk mempercantik tampilannya dipadukan dengan aneka topping seperti kismis, almond, kelapa muda, dll.
Diterangkan oleh ibu Ernawati, S.Si, Apt, cara masak kue lumpur sangatlah sederhana, mudah dan praktis. Dengan menggunakan cetakan yang cekung, adonan cukup dituang hingga hampir penuh, lalu perhatikan penggunaan api harus kecil agar bagian dalam kue bisa matang sempurna.


Renyahnya Pisang Kremes yang Bersarang

Jajanan pisang kremes adalah salah satu variasi dari pisang goreng yang memiliki keunikan tersendiri. Sesuai namanya, keunikan tersebut terletak pada luaran pisang goreng yang bertekstur renyah dan bersarang. Pisang goreng jenis ini juga terkenal dengan sebutan pisang goreng Pontianak.
Untuk pembuatan pisang kremes, ibu Ernawati, S.Si, Apt, menjelaskan secara detail tehnik pemotongan pisang dibentuk seperti kipas, lalu dicelupkan dalam adonan tepung dan digoreng seperti biasa. Proses selanjutnya membuat lapisan yang bersarang dengan teksturnya yang renyah. Wah, cantik sekali pisang goreng yang bersarang ini.


Setelah semua materi kursus dipraktikkan, peserta bisa langsung mencicipi dan membawa pulang hasil makanan yang sudah dipraktikkan. Suryo Husodo dan Ayundha Puspadini, peserta yang baru pertama kali kursus di Tristar mengaku sangat senang mengikuti jalannya kursus ini, karena selain menambah pengetahuan, hasil praktik bisa dibawa pulang, suasana kursus yang nyaman serta dipandu oleh instruktur yang ahli di bidangnya. Mau bisa bikin kue seperti mereka ? Datang dan tanyakan program-programnya ditempat Kursus Tristar. *Upi


Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB       
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

www.kursustristar.com / www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar