twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Sabtu, 07 Mei 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Kursus Decoration Cakes

Cantiknya Anniversary Cake &
Birthday Cake Hias Buttercream


Kepopuleran cake tart yang menggunakan buttercream masih menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi cake dengan hiasan buttercream dibuat berkarakter, pastinya akan lebih menarik. Inilah yang dilirik oleh peserta kursus dari Ambon bernama Wilma M, Van Room beberapa waktu lalu. Dalam kursus ‘Decoration Cakes’ dipandu oleh Chef Laurentia Vivi Wardana, S.Pd, membuat karya cantik Anniversary Cake & Birthday Cake yang dituangkan dalam detail hiasan buttercream pada cake. Lalu, apa saja yang musti diperhatikan?


              Menghias cake dengan bunga-bunga yang terbuat dari buttercream saat ini sedang populer dan sangat diminati. Selain menarik, susunan bermacam-macam bunga dengan kombinasi warna yang cantik ini pun dapat dinikmati tanpa menimbulkan rasa bosan atau tidak nyaman saat dinikmati.
           
Diterangkan oleh Chef Vivi bahwa buttercream yang diolah dengan bahan dan teknik yang benar dapat dinikmati tanpa meninggalkan rasa lengket di mulut atau ketika dimakan akan langsung lembut di mulut,” ucapnya saat menerangkan pembuatan butter cream.

Seru dan membutuhkan kreatifitas itu pasti. Ini tampak pada saat pembuatan Anniversary Cake yang penuh dengan bunga-bunga. Membuat bunga buttercream yang menarik tentu diperlukan pewarna, Chef Vivi menyarankan untuk selalu menggunakan pewarna yang kualitasnya bagus. Setelah buttercream diwarnai, peserta kursus ini siap membentuk kelopak menjadi bunga-bunga mawar yang warnanya bergradasi indah.

“Untuk membuatnya, jangan lupa alat berbentuk paku untuk memudahkan membentuk bunga di atasnya. semprotkan buttercream membuat putik terlebih dulu, lalu melingkarinya hingga berbentuk kelopak, secara bertahap bentuk kelopak kecil, sedang, kemudian untuk kelopak paling luar semprotkan butter cream lebih panjang,” jelasnya.
Setelah bunga-bunga jadi, perlu menyimpannya sebentar di lemari pendingin agar bunga sedikit mengeras sebelum diletakkan di atas cake.

Menurut Wilma M, Van Room, peserta kursus dari Ambon yang baru pertama kalinya ikutan kursus di Akpar Majapahit ini merasa belajar menghias buttercream cake sangat menyenangkan. Tingkat kesulitannya ternyata cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang baru belajar membuat menghias cake, terangnya.

Lanjut di resep kedua membuat Birthday Cake karakter dengan menggunakan hiasan dari buttercream. Untuk cake ini pembuatannya cukup simpel dan dibutuhkan ketelatenan. Dengan menggunakan spuit untuk rumput, jadi deh cake karakter berbentuk seperti bulu-bulu ‘doggy’ yang cantik.

Masih penasaran dengan proses pembuatan ‘Decoration Cakes’? Tempat Kursus Akpar Majapahit di Surabaya, bisa menjadi pilihan untuk kursus. Setiap peserta bisa praktik sendiri dan hasilnya bisa dibawa pulang. Pasti menarik ! *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8

Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar