twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 24 Agustus 2016

Kursus Tristar - Pelajar Dari Hongkong Tertarik Membuat ‘Arem-Arem’

43 Pelajar Dari Hongkong Tertarik Membuat ‘Arem-Arem’
Di Tempat Kursus Tristar

Suasana tempat ‘Kursus Tristar’ yang terletak di Jl. Prapen Indah J-5 Surabaya, Senin (22/8) lalu agak sedikit berbeda. Kedatangan 43 pelajar dari Hongkong membuat suasana menjadi lebih ramai dan hangat. Dalam kunjungan ini mereka ingin belajar mengenai Culinary dan praktek membuat salah satu makanan khas Indonesia, yaitu Arem-arem.
Bagaimana keseruannya?



Sebelum kelas dimulai, 43 pelajar dari Hongkong diterima oleh ibu Evie Muliasari Dewi dan bapak Juwono Saroso, selaku owner ‘Kursus Tristar’ serta jajaran para instruktur. Mereka diberikan pengenalan singkat mengenai tempat Kursus Tristar secara umum dan nantinya akan diajarkan praktek membuat arem-arem yang merupakan makanan tradisional Indonesia.

Nampak sekali pelajar dari Hongkong tertarik dengan penjelasan Ibu Evie. Dikatakan bahwa, arem-arem adalah makanan Indonesia yang dibuat dari beras diberi isian daging dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini memiliki citarasa gurih, pastinya sangat mengenyangkan sehingga cocok untuk bekal.



Ada 4 (empat) meja praktek yang sudah disiapkan dengan tatanan bahan-bahan yang tersusun rapi. Di kelas ini para pelajar dari Hongkong belajar praktek langsung membuat arem-arem dan didampingi oleh delapan instruktur pengajar Kursus Tristar yang telah siap dimeja masing-masing.

Bagian pertama dari kelas praktek adalah dengan mengenalkan bahan arem-arem, diantaranya ada beras, daging ayam yang sudah disuwir, bumbu, santan dan juga daun pisang. Kemudian mereka dijelaskan bagaimana memasak beras hingga menjadi nasi setengah matang sebelum diolah lebih lanjut.


Dijelaskan oleh ibu Ernawati, salah satu instruktur pengajar bahwaa arem-arem memiliki bentuk dan citarasa khas yang didapatkan dari bumbu Indonesia seperti lengkuas dan daun salam. Para pelajar ini sempat tertegun dengan cara memasak arem-arem yang cukup unik. Untuk bumbunya selain bisa dihaluskan dengan blender, para pelajar dari Hongkong juga diajak mengetahui cara menghaluskan bumbu yang diulek dengan cobek. Wow, begitu katanya.

Kelas praktek bertambah seru, ketika pelajar ramai-ramai belajar membungkus arem arem dengan daun pisang. Ada saja kelakuan mereka, yang pasti untuk membuat arem arem, kemasan daun pisang saat digulung harus padat dan disemat kedua ujungnya. Lalu, arem-arem siap untuk dikukus selama 1 jam hingga matang.

Acara kelas praktek memasakan ini berlangsung sekitar 180 menit. Angela, salah satu pelajar menjelaskan bahwa dia sangat menikmati belajar masakan Indonesia yang sangat menarik untuk dipelajari karena bumbu masakan Indonesia yang banyak dan juga bau makanan Indonesia yang sangat sedap.

Dikatakan oleh Ibu Evie Muliasari Dewi, bahwa dengan adanya kunjungan dari 43 pelajar dari Hongkong untuk belajar memasak ini dapat lebih mengenalkan tempat Kursus Tristar dan juga mengenalkan masakan Indonesia lewat pengajaran langsung seperti ini yang bisa meningkatkan wawasan dan ketertarikan pelajar mancanegara mengenai makanan Indonesia. *Upi

Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:


Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB           
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar