twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 19 September 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture Bersama ChefMate (part. 1)

Legitnya “Chocolate Praline & Truffle” Dalam Bebagai Model 

Legitnya cokelat praline & truffle, siapa yang tidak suka? Ditambah bentuknya yang keren & unik, pastinya decak kagum yang bisa terucap begitu melihat produk-produk hasil baking demo bersama Chocolate ChefMate di kelas Patiseri. Dalam pertemuan kali ini, Chef Giat Setyawan mengajarkan kepada mahasiswa tentang pengenalan teknik dasar pembuatan Chocolate Praline & Truffle. Seperti inilah antusias mahasiswa kelas patiseri saat mengikuti baking demo dengan Guest Lecture dari ChefMate beberapa waktu lalu.


Bertempat di laboratorium praktek patiseri Akademi Pariwisata Majapahit yang berada di jalan Raya Jemursari No.244 Surabaya, kedatangan Chef Giat Setyawan sebagai dosen tamu (guest lecture) ini bertujuan mengajak mahasiswa kelas patiseri untuk belajar tentang pengenalan dasar pembuatan cokelat praline & truffle.

Berbicara tentang cokelat selain memberi sensasi rasa manis, juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain untuk menghasilkan citarasa baru, atau tampilan yang secara artistik dapat diciptakan dari cokelat. Kepada mahasiswa kelas patiseri, Chef Giat yang merupakan Executive Chef dari ChefMate menjelaskan bahwa selain kualitas dan rasa produk cokelat ChefMate tidak perlu diragukan lagi, pengaplikasian cokelat ChefMate juga terbilang mudah.

Diterangkan oleh Chef Giat,bahwa isian dari praline atau truffle yaitu ganache atau campuran antara cream dan chocolate. Penambahan bahan-bahan lain bertujuan untuk menambah aspek-aspek tertentu yang diinginkan, misalnya butter untuk menambah aspek smooth (lembut) atau glucose untuk menambah aspek shiny (mengkilap) dan chewy (efek basah), ungkapnya.

Dengan ketelatenan dan kesabaran, Chef Giat yang dibantu dengan Chef Topan mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan cokelat praline dan truffle. Pada dasarnya praline & truffle cokelat ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu truffle untuk filling, enrobing dan cutting.

‘Banyak yang bilang membuat cokelat praline dan truffle itu susah. Hal penting yang harus diperhatikan saat mengolah cokelat batang harus terlebih dahulu dilelehkan, baik itu untuk filling, enrobing dan cutting. Sebenarnya sebelum cokelat dilelehkan, lebih baik cokelat tersebut di potong-potong dahulu agar nantinya meleleh merata. Ingat, untuk menghasilkan cokelat yang shiny perhatikan suhunya yaitu sebaiknya 32° - 36°C’ jelas Chef Giat.

Setelah berbagai penjelasan selesai disampaikan, Chef Giat dan Chef Topan segera mulai langkah demi langkah secara berurutan, mendemokan praline & truffle dengan berbagai model filling, enrobing dan cutting, tak lupa berbagai tips sukses dalam memasak cokelat.

‘Yang pasti acara ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya seru dan tidak rugi waktu ikutan baking damo ini’ ungkap mahasiswi bernama lengkap Fitriana Zulianingsih.

Dengan materi tentang cokelat yang telah disampaikan, Chef Giat juga memotivasi para mahasiswa pastry Akpar Majapahit harus selalu berwawasan luas dan bisa menciptakan berbagai produk yang kini semakin bervariasi dan menarik tampilannya agar dapat bersaing di industri makanan, sehingga diperlukan adanya skill dan kreatifitas yang tinggi.

Hal senada juga disampaikan oleh Chef Otje Herman Wibowo, SE, M.Par, selaku dosen Patiseri dan Asdir II Bidang Keuangan Akpar Majapahit, diharapkan baking demo ini bisa membuka wawasan pengetahuan mahasiswa untuk menambah jiwa seni sehingga bisa memberikan sentuhan-sentuhan yang artistik pada makanan, selalu belajar dan tidak pernah berhenti menciptakan ide-ide baru serta memiliki jiwa entrepreneur agar bisa mengembangkan disiplin ilmunya. tegasnya disela-sela acara ‘Guest Lecture’.

Sampai jumpa di acara baking demo selanjutnya dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar