twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 07 September 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture

Baking Demo “Cake Decorating Mirror Glaze Spider”

Agar cake terlihat makin menarik, salah satunya dengan menambahkan hiasan pada cake tersebut. Terdapat bermacam macam bentuk hiasan yang bisa diaplikasikan, mulai dari teknik yang gampang hingga yang rumit. Semua itu dapat dipelajari, lho. Dalam baking demo program guest lecture di kelas Pastry Akpar Majapahit, kehadiran Chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate memberikan warna tersendiri dalam memberikan materi beberapa trik membuat hiasan dari cokelat yang sedang trend saat ini, yaitu Cake Decorating Mirror Glaze Spider . Seperti inilah antusias mahasiswa kelas pastry saat mengikuti baking demo.


Berbicara tentang cokelat selain memberi sensasi rasa manis juga memiliki serangkaian karakter yang bisa diciptakan. Nah untuk memperlakukan cokelat menjadi hiasan yang eksotik dan mengikuti boomingnya cake kekinian dalam berbagai tampilan, pastinya diperlukan pemahaman tersendiri.

Dalam pertemuan baking demo kali ini, chef muda berbakat dari ChefeMate Chocolate mengajarkan kepada mahasiswa pastry cara membuat cake bernama cake mirror glaze atau cake yang terbuat dari adonan cokelat yang berkilau. Selama proses baking demo, mahasiswa Akpar Majapahit jurusan pastry mendapatkan banyak pembelajaran, bagaimana teknik menangani cokelat, lalu diaplikasikan dalam cake dekorasi.

Penasaran’kan bagaimana chef Topan Irianto membuat hiasan dari cokelat yang berkilau menyerupai cermin? Dengan sangat telaten dan hati-hati, Chef Topan mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan cake mirror glaze. Kilaunya yang menyerupai cermin atau kaca ini ternyata berasal dari adonan gelatin. Gelatin yang dipadu cokelat dalam adonan tersebut berfungsi untuk memberikan efek cermin yang berkilau. Wow, meski sederhana cara membuatnya, tetapi bisa membuat hiasan dari cokelat ini kelihatan unik dan menggemaskan.

Mirror cake atau kue kaca ini memang, maka tak aneh lagi jika cake ini menghebohkan dunia baking. Cake Mirror Glaze spider wrap ini merupakan salah satu kreasi dari olahan mirror cake cokelat. Untuk basic cakenya menggunakan sponge cake yang lembut, kemudian di cover dengan paduan icing cokelat mirror yang diberi sentuhan spider (jaring laba-laba) berwarna putih.
“Untuk membuat mirror glaze komposisinya dari cokelat chefmate, air, glucose susu kental manis dan gelatin. Sedangkan, sentuhan jaring laba-laba (spider) dibuat dari kristal gel ditambah sedikit pemutih makanan. Nah, yang penting diingat pada saat memasak cokelat, letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.” jelas Chef Topan.


Keasyikan kegiatan guest lecture dalam pembuatan cake dekorasi dari cokelat leleh ini juga dirasakan oleh semua mahasiswa. Mereka selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh chef dan mahasiswa diajak aktif membantu selama kegiatan baking demo.  
“Wah senengnya bisa membuat cake dekorasi dengan cokelat yang berkilau. Bagian yang paling menentukan adalah saat memberi hiasan yang menyerupai jaring laba-laba atau spider wrap diatasnya mirror cake hingga mendapatkan hasil maksimal,” ungkap salah satu mahasiswa patry bernama Eunike Adriana Prasetyo yang kerap disapa Hana.
Ingin lebih jauh lagi mempelajari materi pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah kuliner di Surabaya yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. Jadi tunggu apa lagi, banyak program-program pastry yang berkualitas dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar