twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 26 September 2016

Kursus Akpar Majapahit – Aneka Bapau

Bapau Aneka Isi 4 Rasa Cocok Untuk Usaha


Berbisnis kue Bapau, bagi siapapun sebenarnya tidaklah sulit. Kue Bapau yang diadaptasi dari kue tradisional Negeri Tirai Bambu, Cina ini begitu digemari di tanah air dengan berbagai varian rasa. Buktinya untuk mendapatkan kue Bapau tidaklah sulit, baik dipasar tradisional maupun diberbagai gerai kue modern. Inilah yang coba dilirik 3 (tiga) peserta kursus Tristar yang sedang belajar praktek membuat Bapau dengan 4 (empat) rasa yang berbeda.



Ada sedikit pemandangan berbeda dari kelas kursus kali ini, karena kursus dilakukan di malam hari sekitar pukul 18.00 hingga selesai. Dipandu oleh instruktur Chef Renny Savitri, M.Par, kursus kue Bapau dimulai dengan penjelasan mengenai berbagai bahan yang digunakan sesuai resep, seperti apa itu tepung tang mien, bumbu pekak hingga pemakaian bahan tawas dan bumbu ngohiong yang dipakai dalam pembuatan adonan isi bapau.

Kue Bapau, salah satu kue yang namanya cukup populer. Kemunculan kue bakpau, awalnya memiliki penampilan bentuk yang sangat klasik, bulat tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, kue yang dimasak secara dikukus ini dalamnya lembut berisi adonan yang berasa manis atau gurih. Dengan banyaknya kreasi dan inovasi baru dalam makanan menjadikan bapau memiliki varian lain selain isi daging yaitu kacang tanah, daging ayam ataupun tausa. Seperti yang dikursuskan kali ini.

Bagi 3 (tiga) peserta kursus Tristar, yaitu Ibu Suriya, SE yang datang dari Kendari, Ibu Tutuk Kurniawati dari Madura dan Bapak Sutari dari Sidoarjo, belajar kursus banyak memberikan pengetahuan dalam membuat berbagai macam makanan hingga menjadi produk yang bercitarasa tinggi dan layak jual.
“Di Kendari, jajanan Bapau ini memang sudah ada dan banyak yang jual sih. Daripada selalu beli, sekali kali kok pengen bikin sendiri. Itung-itung manjain keluarga, karena jajanan Bapau ini kesukaan keluarga, selain itu siapa tau bisa dijadikan wirausaha setelah pensiun, makanya saya juga pengen bisa bikin” terang Bu Suriya, SE yang memanfaatkan waktu luangnya selama dinas di Surabaya dan sengaja memilih kelas kursus di malam hari.

Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan peserta kursus membuat adonan isi terlebih dahulu, lalu membuat adonan kulit bapau. Kemudian peserta kursus diajarkan berbagai cara membentuk bakpau, seperti bentuk seperti pastel, bunga mawar, dan masih banyak lagi.

“Untuk mengukus bapau sebaiknya panci kukusan dipanaskan terlebih dulu, gunakan panas api sedang dan jangan lupa lapisi serbet dibagian tutupnya agar uap air tidak jatuh di adonan kue bapau, sehingga permukaan bapau tampilannya agak keriput” tutur Chef Renny sembari berbagi tips.


Sambil menunggu kue bapau matang, para peserta kursus berkesempatan untuk berbelanja bahan-bahan kue di toko 9 yang merupakan bagian dari Tristar Group. Terletak di lantai 1, toko 9 menyediakan beragam bahan-bahan food grade, mulai dari aneka tepung, pewarna, perasa, minuman wine, dan masih banyak lagi. Namun, ada beberapa bahan kue yang menurut peserta kurang familiar seperti tepung tang mien, pekak, tawas dan bumbu ngohiong. Nah, di toko 9 inilah para peserta kursus bisa mendapatkannya.


Nah, untuk hasil bapau dari kursus kelas mala mini tidak kalah enaknya empuk dan lembut, lho…dan pastinya cocok untuk wirausaha. Peserta pun mengaku puas mengikuti jalannya kursus ini, karena selain menambah pengetahuan, suasana kursus yang menyenangkan serta dipandu oleh pengajar yang ahli di bidangnya. Mau seperti mereka? Datang dan tanyakan program-program kursus lainnya di graha Tristar Surabaya. *Upi


Kursus Tristar Jemursari
Surabaya || Jln. Raya Jemursari 234 & 244.
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.

PIN BB: 2B4E0E95

Tidak ada komentar:

Posting Komentar