twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 12 September 2016

Kursus Tristar – Peserta Kursus Bank BCA Bali (1)

Pelatihan Aneka Mie Pangsit Komplit, Fried Chicken & Saus Sambal
(Kursus Tristar berlokasi di Jl. Prapen Indah J-5 – Surabaya)


Aktivitas memasak tidak selalu bersanding di kalangan ibu rumah tangga saja. Para ibu yang bekerja dikantoran yang suka dengan aktivitas memasak tidak kalah ingin mempertajam kemampuannya di bidang mengolah makanan. Hal tersebut dibuktikan oleh 16 (enam belas) ibu-ibu staff dari Bank BCA Bali berminat untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan ‘Kursus Tristar’ beberapa waktu lalu.

  
Pelatihan kursus makanan bagi staff Bank BCA dari Bali dilakukan selama 2 hari yaitu Sabtu & Minggu (27-28/8/2016). Sekitar pukul 10.00, para peserta mulai berdatangan dan melakukan registrasi. Masing-masing peserta mendapatkan goodie bag berisi celemek, buku resep yang akan dibuat pada kursus saat itu. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan bahan dan peralatan masak yang telah disediakan. Menu yang dibuat pada pelatihan kali ini mencakup: Pelatihan Aneka Mie Pangsit Komplit, Fried Chicken & Saus Sambal, Pelatihan Bakso Sapi Komplit, Es Puter & Es Krim Aneka Rasa, Pelatihan Ombre Cake, Pelatihan Takoyaki dan Okonomiyaki.

Ibu Imelda Lay, salah satu koordinator sekaligus peserta pelatihan dari Bank BCA Bali mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ketrampilan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya sebagai bekal untuk mempersiapkan masa pensiun. Kita memilih pelatihan memasak ini karena kegiatan memasak adalah sesuatu yang menyenangkan di tengah kesibukan sebagai pegawai Bank, ungkapnya

Seperti pada pelatihan berikut ini membuat Aneka Mie Pangsit Komplit, Fried Chicken & Saus Sambal yang dipandu oleh instruktur ibu Endang Sri Rahajoe, SE dan team Kursus Tristar.

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan dengan sistem praktik secara langsung. Proses kursus dimulai dengan pengenalan dan penjelasan mengenai bahan serta jenis mie yang akan dipraktekkan. Setelah bahan selesai dipersiapkan, aksi praktek membuat 3 jenis mie yaitu mie pangsit, mie sayur (bayam) dan mie tanpa telur. Sebagai pelengkap, diajarkan membuat pangsit komplit (topping ayam & kuah pangsit)

“Membuat mie sendiri sebenarnya prosesnya sangat mudah. Bahannya hanya tepung terigu dan air, bisa juga ditambahkan telur atau tidak biar lebih ekonomis. Untuk membuat bentuk mie lebih cantik dan menarik, bisa menggunakan alat bantu penggiling mie. Dengan alat tersebut tidak perlu susah payah membentuk mie yang dibuat. Tinggal diputar dan memasukkan adonan, jadi deh. Hasil mie akan lebih bagus jika menggunakan alat pemotong pasta karena ukuran potongan mie seragam bahkan hingga ukuran yang terkecil sekalipun.” jelas Endang Sri Rahajoe, SE.

Masih bersama instruktur ibu Endang Sri Rahajoe, SE, dan dibantu oleh team, pelatihan selanjutnya peserta diajak membuat fried chicken, Chicken Karage, Chicken Strip dan saus sambal. Cara mengolah ayam, terlebih dulu, ayam dipotong sesuai dengan ukuran masing-masing. Kemudian ayam direndam dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan dibiarkan selama beberapa menit.
“Proses perendaman ayam dengan bumbu ini dimaksudkan agar bumbu meresap ke dalam daging ayam sehingga ketika diberi balutan tepung, rasa ayamnya tidak akan hambar” terang ibu Endang.

Dalam pembuatan Fried Chicken yang crispy dan renyahnya bertahan hingga 3 jam ini memang terdapat cara khusus dalam komposisi bahan tepungnya. Tak sekedar cara membuat ayam yang lapisannya keriting dan renyah saja, para peserta juga diajarkan cara membuat dan meracik tepung crispy yang sering digunakan untuk membalut ayam. Para peserta pun kemudian satu per satu mempraktikkan membuat ayam crispy hingga diperoleh lapisan yang keriting. Ayam yang sudah dibalut tepung ini kemudian langsung digoreng dalam minyak yang panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.


Nah, selesai sudah seluruh materi yang diajarkan, para peserta kursus bisa langsung mencicipi makanan hasil praktiknya dan juga membawa pulang. Apabila anda ingin berbisnis makanan bisa mengikuti pelatihan aneka Food Industry yang diadakan kursus Tristar. *Upi

Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB           
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6

www.kursustristar.com / www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar