twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 21 November 2016

Akademi Pariwisata Majapahit – Dosen Tamu dari Kuala Lumpur, Malaysia

Melukis “Rose Lace” Cake Diatas Fondant

Untuk ke-2 (dua) kalinya, Direktur Tristar Institute Ir Juwono Saroso, MM mengundang Chef Nor Pishah BT Hashim, chef tamu dari Nor Cooking Centre, Kuala Lumpur, Malaysia mengajar di Akademi Pariwisata Majapahit (Tristar Institute Group). Kehadiran dosen tamu Chef Nor bersama Hezree Baba Achmad, putranya, dihadapan mahasiswa kelas Advanced Patisserie ini untuk mengajarkan trik-trik mudah dan sederhana dalam melukis cake  fondant. Disini mahasiswa akan praktik langsung (hands-on) mempelajari teknik melukis dengan tema ‘Rose Lace’ di atas fondant. Bagaimana keseruannya?


Menuangkan imajinasi dan kreativitas melukis sekarang tidak cuma bisa dilakukan di atas buku gambar ataupun kanvas saja. Sebab, kini dengan pewarna khusus makanan kita bisa begitu mudahnya untuk melukis di atas cake yang telah dicover dengan fondant.

Menghias cake dengan gambar bunga-bunga yang dilukis diatas fondant saat ini sedang populer dan cukup diminati. Selain menarik, susunan bermacam-macam bunga dengan kombinasi warna yang cantik ini pun dapat dinikmati tanpa menimbulkan rasa bosan.

Meski terdengar cukup menyita perhatian, bukan berarti pembuatan ‘Rose Lace’ ini tidak bisa dibuat sendiri. Kita bisa melihat beragam bentuk bunga garapan Chef Nor dan mahasiswa kelas Advanced Patisserie yang memunculkan banyak model bunga khususnya rose (mawar), lalu disapu dengan kuas hingga menjadi rangkaian yang cantik.

Diceritakan oleh Chef Nor, bahwa cake lukis diatas fondant ini sekarang mulai trend selain karena cantik juga meminimalkan penggunaan fondant yang ujung-ujungnya sering tidak terpakai. Selain itu cake-cake yang cantik ini cocok untuk berbagai acara, seperti anniversary, ulang tahun ataupun hantaran.

Penasaran dengan mahasiswa kelas Advanced Patisserie yang begitu bersemangat membuat Rose Lace?, Nah belajar kali ini diperlukan dummy cake untuk bahan praktik, 1 set kuas untuk melukis fondant, palet sebagai perlengkapan melukis dan 1 set pewarna makanan untuk mewarnai hasil lukisan fondant. Setelah bahan-bahan disiapkan, yang harus dilakukan adalah mengcover dummy dengan fondant, lalu membuat pola bunga-bunga dan siap dikuas. Karena kali ini temanya membuat rose lace yang cantik, para mahasiswa tampaknya begitu seruis memperhatikan setiap langkah gerakan tangan untuk melukis kelopak-kelopak yang tersusun rapi.

‘Yang pasti materi praktek kali ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan tentang cake lukis yang saat ini lagi tren. Trus, hasil jadinya sangat cantik lho.... pokoknya seru dan musti sabar karena harus telaten saat melukis agar hasil lukisannya bisa seperti chef tamu ini’ ungkap Gifari dan kawan-kawannya.
  

Sampai jumpa di praktek-praktek selanjutnya dengan menghadirkan dosen tamu (guest lecture) dan tema-tema yang menarik lainnya di kampus Akademi Pariwisata Majapahit.*Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Telp. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org /www.matoa.info


Tidak ada komentar:

Posting Komentar