twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Kamis, 08 Desember 2016

Akademi Pariwisata Majapahit - Showmanships "Roast Beef Roll"

Sajian Istimewa “Roast Beef Roll with Truffle” ala Hotel
  

Akademi Pariwisata Majapahit kembali menyuguhkan pengalaman kuliner baru dengan menu western ala Hotel. Bersama team dosen kuliner, ada chef Ari Purwantoro, Chef Yanuar Kadaryanto dan Chef Masaryo mendemokan menu Roast Beef Roll with Truffle. Sebuah sajian Istimewa ala Hotel yang dikenalkan kepada mahasiswa kelas kuliner dalam cooking demo bertajuk showmanships.


Pembelajaran dengan sistem showmanships yang diterapkan di kelas kuliner (Tata boga) ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Dimana mahasiswa yang mengikuti praktek kuliner dapat menyaksikan langsung cooking demo yang dilakukan oleh para dosen chef Profesional dalam waktu terbatas untuk menghidangkan sajian bercitarasa prima.

Dalam kesempatan tersebut, Chef Ari Purwantoro, Chef Yanuar Kadaryanto, dan Chef Masaryo mendemokan pembuatan sajian roast beef. Perlu diketahui menu western yang satu ini dibuat dari daging sapi yang di-roast (panggang) dan disajikan bersama kentang dan sayuran. Penasaran, bagaimanapara chef profesional ini meracik kelezatan roast beef-nya?

“Tidak semua jenis bagian daging sapi yang bisa digunakan dalam masakan seperti ini. Untuk membuat roast beef roll, kita perlukan daging sapi bagian tenderloin atau has dalam, karena tekstur dagingnya lebih lembut sehingga memasaknya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, dagingnya mudah empuk dan mudah diolah” jelas Chef Yanuar.


Pengolahan masakan roast beef roll, dimana setelah daging dipipihkan lalu diberi seasoning (bumbu) dan keju dibagian tengahnya, lantas digulung. Setelah itu diikat, masakan ini dimasak dengan cara dipanggang. Nah, mahasiswa juga harus mengetahui bagaimana tingkat kematangan yang diinginkan, mulai dari rare (agak mentah), medium rare (setengah matang), medium (matang sedang) hingga well done (matang).

Chef Ari pun juga menjelaskan, bahwa menu masakan ala hotel ini terbilang cukup istimewa. Selain bahan bakunya daging, pelengkap sajian ini menggunakan jamur truffle yang terkenal sangat mahal. Aroma truffle memiliki perpaduan dari aroma daging dan kacang-kacangan. Yang pasti, sebelum diolah, pastikan truffle benar-benar dibersihkan dari tanah yang menempel, karena jamur ini tumbuhnya dalam tanah, ungkapnya.

Para mahasiswa selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh para chef, mahasiswa diajak aktif dalam hal bagaimana mem-plating roast beef roll ala Amerika yang dikombinasikan dengan mashed potato yang sudah ditambahkan beberapa herbs dan disajikan dengan tomat, terong dan jamur truffle yang telah di saute.

Menurut Chef Masaryo, untuk menikmati hidangan roast beef roll yang disajikan dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan dipadu gurih sausnya ini, jika di hotel Anda bisa membayar kisaran harga diatas 300.000 rupiah perporsinya. Wow keren....


Nah, apabila berminat untuk menjadi salah satu chef profesional maka tidak ada salahnya gabung dan rasakan kenyamanan belajar di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Ada banyak program-program kuliner menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan showmanships seperti ini dengan tema-tema yang berbeda.*Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar