twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 22 Februari 2017

Akademi Pariwisata Majapahit -Chocolate Praline & Barista Di KDU University



Belajar ‘Chocolate Praline & Barista’

Di KDU University College, Malaysia

  
 
Keren & menarik, itu kata-kata yang bisa terucap begitu melihat produk hasil mahasiswa Patiseri kelas international saat praktek di KDU University College (Kolej Damansara Utama), Malaysia. Dalam pertemuan kali ini, mahasiswa diajarkan praktek secara hands on pembuatan Chocolate Praline dan Barista meracik minuman kopi.


 
Rasa dingin langsung menyeruak ketika memasuki ruang praktek kelas pastry di KDU University College, Malaysia. Kesempatan langka ini enggak boleh dilewatkan begitu saja. Bersama instruktur chef Siti Intan, dan dibantu oleh beberapa asisten dari mahasiswa KDU University College,  kegiatan praktek diawali dengan teori pengenalan jenis cokelat terlebih dahulu. 

Diterangkan oleh chef Intan, bahwa dalam membuat praline yang diajarkan menggunakan cokelat couverture. Cokelat ini memang lebih enak dibanding cokelat compound. Namun cokelat couverture lebih cepat meleleh, sehingga tak mudah dibawa-bawa dan sebaiknya disimpan di suhu 23°C. “Cokelat couverture lebih mahal dan lebih rumit pengolahannya. Salah satu tahap yang harus dilewati adalah tempering agar warna cokelat lebih mengilap dan rasanya lebih enak,” terangnya.

 
 
 
Ada banyak jenis praline yang diajarkan dan semua praline ini bermotif dengan tampilan warna yang menarik. Pada pembuatan cokelat praline, sepintas tampak mudah. Terlebih dahulu chef Intan mencontohkan menuangkan cokelat leleh ke dalam cetakan praline yang tersedia dalam berbagai bentuk. Eits, jangan dikira mudah lho. Untuk menuangkan cokelat leleh ke dalam cetakan praline yang dibuat dari acrilic membutuhkan konsentrasi, karena cetakannya agak berat diangkat. Belum lagi cetakannya harus dibalik lagi untuk menumpahkan sisa cokelat yang masih cair, untuk diberi aneka isian.

Tetap Asyik Belajar Barista

Untuk menciptakan kualitas kopi yang nikmat tentu tidak hanya dibutuhkan kopi yang berkualias, namun juga tangan terampil sang peracik kopi alias baristanya. Bersama Trainer Barista dari KDU University College, inilah pemandangan saat mahasiswa patiseri kelas international belajar meracik minuman kopi. 

 
Terlebih dahulu, trainer menjelaskan penggunaan mesin kopi. Dilanjutkan cara steam  membuat buih susu, membuat espresso hingga membuat beberapa minuman kopi yang biasa ditemukan di kafe, sekaligus mengajarkan seni mendekorasi kopi dengan indah seperti latte art.

 
 
"Di kampus juga ada materi minuman kopi, dengan studi banding ini kita makin mengenal pembelajaran barista dan yang cukup mengasyikan saat diajari menuangkan busa yang kemudian dibentuk menjadi karakter seperti angsa dan beruang," jelas Immaculata dan Ayu Alfina yang tampak senang belajar melukis dipermukaan kopi.

Nah, bagaimana tertarik belajar membuat praline & menjadi barista? Kelas patiseri international yang ada di Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang kemudahan bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional.*Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar