twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 06 Februari 2017

Kursus Tristar – Handycraft “Lilin Hias”



Keseruan Anak TK Membuat Lilin Hias “Ice Cream”

Suasana tempat ‘Kursus Tristar’ yang terletak di Jl. Prapen Indah J-5Surabaya, beberapa waktu lalu menjadi berbeda, lebih ramai dan hangat. Kedatangan 15 anak-anak TK dari Sekolah Luar Biasa Karya Mulia Surabaya ini, mereka ingin belajar mengenai handycraft dan praktek membuat salah satu hiasan yang cukup unik dan cantik, yaitu lilin hias bentuk ‘Ice Cream’.
Bagaimana keseruannya anak-anak ini dalam membuat lilin hias?


Lilin sebagai sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Anak–anak dari TK Karya Mulia Surabaya sangat antusias dengan adanya kegiatan Fieldtrip, mereka sangat tertarik untuk membuatnya dan mencobanya, dikarenakan pembuatan lilin merupakan suatu hal yang baru bagi mereka. Didampingi oleh para guru dan dibantu oleh kakak instruktur dari Kursus Tristar, anak–anak dengan kreativitas tinggi membuat lilin yang kemudian dihias dengan kreatifitas masing-masing.

Untuk memperkenalkan produk lilin hias dalam pelatihan ini, ibu Evie Muliasari Dewi, S.Si, Apt, penanggung jawab Lembaga Kursus Tristar, menyampaikan bahwa anak-anak sebelumnya diberikan pengenalan singkat mengenai tempat Kursus Tristar secara umum dan nantinya langsung diajarkan praktek membuat lilin hias dengan bentuk es krim.


Bagian pertama dari kelas praktek adalah mengenal bahan lilin yang dibuat dari parafin wax sebagai bahan baku utama. Kelas praktek cukup seru, ketika anak-anak ramai-ramai memarut adonan lilin beku yang telah diberi warna, lalu diletakkan dalam gelas-gelas es krim secara berselang-seling. Wow, menarik sekali....tapi ini belum selesai, lho.

“Kalau ingin mencairkan lilin, letakkan bahan parafin pada suatu wadah dan bakar hingga semua mencair dan berwarna bening. Ingat, api jangan terlalu besar dan jangan ditinggal-tinggal karena bahan-bahan tersebut cepat cair," jelas ibu Evie.

Untuk pemberian warna, menurut Ibu Evie, dilakukan ketika bahan lilin telah mencair. "Dan harus berani. Soalnya, warna lilin ketika mencair lebih tua daripada ketika beku. Pewarna pun harus khusus untuk pewarna lilin," terangnya. 



Ada saja kelakuan mereka, yang pasti untuk membuat lilin hias makin menarik, diperlukan toping lilin berbusa dan hiasan es krim seperti sedotan, buah ceri yang dibentuk dari clay dough, dan stiker kartun diatasnya. Wah, menarik sekali.


Berkat ketelatenan bimbingan dari para guru dan instruktur Kursus Tristar, anak-anak berkebutuhan khusus ini bisa tampil sebagaimana layaknya siswa biasa. Itulah gambaran dari anak-anak TK Sekolah Luar Biasa Karya Mulia Surabaya saat belajar membuat lilin hias “Ice Cream”. *Upi

Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft, Cat, Biodisel, Rokok, Industri berbahan Fiberglass, Pelapisan Logam dan Otomotif Cleaner,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:



Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5 & PanjangJiwoPermai Blok AB     
Pin. 539A64B6
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
www.kursustristar.com / www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar