twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Jumat, 17 Maret 2017

Akademi Pariwisata Majapahit – Advanced Pastry Class 'Yoghurt & Ice Cream'



Yuk, Buat Yoghurt & Ice Cream Sendiri
                                                            

Pemandangan menarik dilakukan mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit kelas Pastry Advanced saat praktik pembuatan yoghurt dan ice cream. Dalam materi ini, mahasiswa praktek 8 resep ‘Yoghurt & Ice Cream’, diantaranya Plain Yoghurt, Ice Cream Yoghurt Plain, Yoghurt Drink, Ice Cream Yoghurt Strawberry, Eggless Ice Cream Green Tea, Ice Cream Chocolate, Soya Ice Cream dan Cocopandan Ice Cream.


Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi yang cukup digemari oleh semua kalangan. Bahan dasar yoghurt yang terbuat dari susu menjadikan yoghurt kaya akan sumber protein susu. Selain enak diminum langsung, yoghurt juga enak dibuat untuk bahan ice cream. Yoghurt dikenal dengan rasa yang masam, tetapi saat ini tak jarang yoghurt yang diproduksi memiliki rasa manis dengan berbagai variasi misalnya diberi aroma, diberi buah-buahan, dibekukan dan sebagainya.


Bersama chef Ernawati, S.Si, Apt, yang lalu mengajarkan pembuatan yoghurt dari susu bubuk. Dengan tema materi pembuatan yoghurt dan ice cream, diharapkan mahasiswa kelas Pastry Advanced dapat dengan mudah membuat yoghurt dengan bahan yang sangat mudah dijumpai diantaranya susu bubuk dan bahan stabilizer yang ada di pasaran.

 
Mahasiswa kelas Pastry Advanced yang hadir sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Chef Erna. Selesai materi kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung teknik pengolahan yoghurt dan olahannya. Mahasiswa diajarkan untuk melakukan kreasi memberi rasa terhadap yoghurt yang sudah jadi. Hal ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam memberi rasa agar rasa dan tampilan yoghurt lebih menarik, tentu saja menggunakan bahan tambahan pangan yang aman.





Praktek berikutnya adalah membuat ice cream. Produk ini merupakan es dengan tekstur lembut dengan rasa khas. Metode yang digunakan dalam pembuatan es krim yaitu menggunakan mesin pembuat es krim (ice cream maker). Setelah semua bahan adonan dicampur dan dimatangkan, lalu dinginkan kemudian tuang ke dalam mesin hingga tekstur es krim lembut halus, sesudah itu masukkan dalam kemasan dan bekukan dalam freezer. “Ingat dalam memasak adonan es krim ataupun yoghurt, perhatikan suhunya karena akan berpengaruh terhadap hasil jadinya” terang chef Erna.




Di akhir materi ‘Yoghurt & Ice Cream’, mahasiswa kelas Pastry Advanced melaksanakan ujian membuat produk makanan yang bisa diaplikasikan dengan yoghurt ataupun es krim, diantaranya Ice Cream Yoghurt Lemon Cake kreasi Givari Madagaskar, Ice Cream Cone Cupcake kreasi Dina Marlina K, Snow Cake Cheese & Green Tea Ice Cream kreasi Haryanti S, dan Strawberry Mousse Cake with Ice Cream kreasi Christine Cahya N. Wow, produk pastry ini makin kaya akan sensasi citarasanya !

Nah, mungkin Anda juga ingin tahu bagaimana caranya membuat yoghurt dan ice cream sendiri agar bisa menikmati makanan ini kapan saja dan dimana saja saat menginginkannya? Kelas Pastry Advance yang ada di Akademi Pariwisata Majapahit memberikan kemudahan bagi Anda dalam praktek dan berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi


KampusAkademiPariwisataMajapahit
KampusMojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar