twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Senin, 13 Maret 2017

Akademi Pariwisata Majapahit – Kuliah S2 Di STIEPARI Semarang



Studi Banding Sambil Jelajah Wisata Di Malaysia

1
Dalam upaya mencetak seseorang yang berpendidikan serta memiliki kemampuan dan ketrampilan, sebanyak 26 dosen dan staf Akademi Pariwisata Majapahit yang menempuh pendidikan tinggi Program Pascasarjana (S2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang, berkesempatan mengikuti ‘Comparative Study of Post Graduate Students of STIEPARI, Semarang – Class 20B’ di Kuala Lumpur, Malaysia dari tanggal 12 – 14 Februari 2017.

.
Studi banding bukan merupakan hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Kegiatan studi banding (Comparative Study) merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan dan wisata mahasiswa ke tempat – tempat, instansi, ataupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu ataupun bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi.

Pada studi banding kali ini 26 dosen dan staf Akademi Pariwisata Majapahit yang menempuh pendidikan tinggi Program Pascasarjana (S2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang diajak untuk belajar tentang daya tarik wisata yang cukup ternama di Malaysia. Dalam kunjungan inipun para mahasiswa S2 didampingi oleh beberapa dosen pembimbing yaitu bapak Dr. Ir. Bambang Dwiloka, MS dan ibu Haniek Listyorini, SE, MBA, dengan tujuan untuk memberikan wawasan Internasional dalam mengaplikasikan keilmuan yang didapat. 

Hal ini diterangkan oleh Direktur Yayasan STIEPARI, Dr. Ir. Bambang Dwiloka, MS bahwa dengan studi banding ini kita bisa menyempurnakan pembelajaran Manajemen Pariwisata yang ada dikampus. Serta dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi keadaan masyarakat dan dunia kerja yang sesungguhnya.

Ditambahkan oleh ibu Haniek Listyorini, SE, MBA, mengatakan dengan adanya kegiatan studi banding diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahaiswa dalam membandingkan kajian teoritis yang di dapat di bangku perkuliahan dengan kenyataan di lapangan, serta mampu mengidentifikasi permasalahan di lapangan dan kemudian dapat menawarkan solusi dari permasalahan tersebut.

Demi mewujudkan hal tersebut, Ir Juwono Saroso, MM selaku owner Akademi Pariwisata Majapahit memberi kesempatan kepada 26 dosen dan staf Akademi Pariwisata Majapahit yang menempuh pendidikan tinggi Program Pascasarjana (S2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang, belajar mengetahui seluk beluk profesi yang berkaitan dengan bidang studi Pariwisata. Tak hanya itu, mereka juga sempat berkunjungan ke Berjaya University College of Hospitality dan KDU University College untuk melihat kegiatan perkuliahan, sehingga nantinya mereka bisa memahami sistem pendidikan yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. 

 
 
Selain belajar produk pastry, mahasiswa juga berkesempatan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Malaysia, seperti; Batu Caves, Petronas  Twin Tower, Choco Boutique, Plaza Sungai Wang, Berjaya Times Square, Jembatan Putrajaya, Pasar Seni (Central Market) dan Istana Negara Malaysia. Wow, wisata yang keren...!

Selama tiga hari dua malam, sebuah perjalanan studi banding plus tour wisata Malaysia yang menyenangkan. Diceritakan oleh Imania Ayu Wulandari, salah seorang mahasiswi S2 yang mengikuti kegiatan ini mengatakan tidak rugi ikut studi banding ke Malaysia. “Saya sangat senang, asyik, dan menambah wawasan saya selaku mahasiswi pariwisata, karena banyak pengetahuan tambahan yang bisa diterapkan sekaligus pengalaman belajar yang menyenangkan sambil berlibur di luar negeri,’ ujar mahasiswi yang kerap disapa Nia ini.

Pengalaman yang tak terlupakan bagi semua 26 dosen dan staf Akademi Pariwisata Majapahit yang menempuh pendidikan tinggi Program Pascasarjana (S2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang, membuka wawasan internasional baik dalam hal wisata budaya, teknologi dan ilmu pengetahuan. Semua mahasiswa S2 pun berharap akan mendapatkan kesempatan lagi untuk ikut studi banding di luar negeri. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Telp. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar