twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Rabu, 08 Maret 2017

Akademi Pariwisata Majapahit – Pastry Advanced "Cake Fondant"



Tren Cake Fondant Bercorak Unik

Kini tampilan cake makin bervariasi dan selalu ada bentuk baru sebagai tren dalam dunia pastry. Setelah tren cake fondant gravity, kini bermunculan tren cake fondant berbentuk hiasan henna painting, embroidery, patchwork dan siluet. Cake cantik bercorak unik inipun tampak tampilannya begitu menggemaskan.


Bersama Chef Vivi Wardana, salah satu dosen dikampus Akpar Majapahit mengajarkan mahasiswa kelas pastry advanced membuat kreasi cake fondant. Dia mengatakan, pembuatan cake hias henna painting, embroidery, patchwork dan siluet ini menggunakan teknik yang gampang-gampang susah dan membutuhkan kejelian. 

Selama 5 (lima) hari, mahasiswa pastry advanced belajar membuat cake fondant. Tampilan cake ini tak hanya berlapiskan gula dengan warna-warni yang indah dilihat saja, namun memiliki bentuk yang sangat unik. Karena itulah cake yang unik ini sayang untuk dimakan dan cocok sebagai hantaran ataupun display. Berikut kumpulan foto-fotonya.

 
Dijelaskan oleh Chef Vivi bahwa empat corak cake ini sedang booming dengan desain cake yang unik, dan memiliki ciri khas. Jika biasanya seni henna adalah suatu motif atau hiasan yang digunakan untuk mempercantik jari atau telapak tangan, kali ini mahasiswa kelas pastry advanced, melukis motif henna yang diterapkan diatas cake fondant. Dengan motif henna, cake yang dibuat ini menjadi semakin menarik, anggun dan elegan.  

 
 
Dilanjutkan membuat cake fondant dengan teknik embroidery yaitu membuat motif brordir diatas cake dengan bantuan kuas. Caranya menggambar/membuat out line sebuah gambar diatas cake dengan royal icing kemudian sapukan kearah dalam. 


Tak kalah menarik, cake fondant dengan teknik patchwork juga terlihat simpel namun cantik. Cake fondant yang dihias seperti menjahit potongan-potongan kain lalu disatukan. ‘Nah, agar lebih 'hidup' beri sentuhan motif jahitan dipinggirannya, semacam tusuk feston gitu deh’ ucap chef Vivi.

 
Satu lagi cake fondant hadir dalam wujud berbeda yang tak kalah menarik yaitu cake fondant hias dibentuk siluet karakter. Membuat hiasan ini bisa dilakukan dengan cara membuat pola dari kertas lalu menjiplak diatas fondant, selanjutnya dipotong mengikuti pola tersebut. Cukup simpel`kan?

Dia menambahkan, kuncinya dalam membuat semua cake yang dipraktekan oleh mahasiswa kelas pastry advanced ini adalah kreativitas, kesabaran, dan ketelitian, pungkasnya sambil berbagi tips.

Pasti keren bukan, tampilan produk cake fondant hias henna painting, embroidery, patchwork dan siluet yang dibuat oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced? Sudah tidak diragukan lagi, kelas Pastry Advanced yang ada di kampus Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar