twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 25 April 2017

Akademi Pariwisata Majapahit – Adventure Cooking Mania Competition 2017 (day. 1)



Keseruan “Culinary Rally East Java Adventure”

Yang Diselenggarakan Senat AKPAR Majapahit

Di Ajang MTF 2017


Masih dalam memeriahkan ajang Majapahit Travel Fair 2017 yang bertajuk “East Java Adventure Tourism”, senat mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit program studi Perhotelan dan Pariwisata mengadakan kompetisi memasak tingkat nasional. Kompetisi memasak ini di ikuti oleh 20 kelompok siswa siswi SMA/SMK ataupun perguruan tinggi dengan konsep cooking rally plus bahan utama masih jadi misteri, pastinya akan menguji kreativitas dan kekompakan para peserta kompetisi memasak (cooking competation). Lantas, masakan apa saja yang dihasilkan dari kompetisi Adventure Cooking Mania kali ini?


Serius, santai sambil diselingi canda tawa, dan kerjasama mewarnai suasana diantara para peserta lomba memasak Adventure Cooking Mania yang dihelat bersama acara Majapahit Travel Fair 2017 pada Sabtu dan Minggu, 15 & 16 April 2017 lalu. Salah satu ajang kompetisi kuliner tingkat nasional yang diadakan oleh Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Program Studi Perhotelan dan Pariwisata ini menjadi wadah bagi mereka yang memiliki hobi dalam bidang memasak. Hendriana selaku Ketua Acara dari Adventure Cooking Mania mengusung tema “Culinary Rally East Java Adventure”. “sesuai dengan tema acara MTF 2017, kami semua dari senat mengangkat tema yang menyesuaikan karena kita sebagai anak Indonesia tidak hanya cinta dan mengenal makanan luar negeri tetapi juga cinta akan masakan khas Indonesia khususnya Jawa Timur.” ungkapnya ketika diwawancarai.
 
Diceritakan oleh Hendriana dan rekan-rekan senat lainnya, bahwa kompetisi kuliner yang diselenggarakan ini memiliki aturan tertentu. Adventure Cooking Mania dilakukan secara rally  atau estafet dengan menggunakan bahan yang sifatnya mistery box. Karena mistery box jadi semua bahan disediakan panitia dan peserta lomba tidak diperbolehkan membawa bahan apapun ke tempat lomba. Tidak diperbolehkan membawa MSG ataupun chiken powder sebagai penambah rasa. Dalam durasi waktu 40 menit, dimana setiap anggota mendapat jatah waktu 10 menit untuk memasak. 
Sebanyak 20 tim siswa siswi SMA/SMK ataupun mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi yang datang, diantaranya ada dari UNESA, Universiats PGRI Adibuana, SHS, Ottimmo, MONAS, STP Satyawidya, Universitas Ciputra, SMKN 6 Surabaya, SMKN 1 Gresik dan SMKN 3 Kediri. Dalam kompetisi ini, peserta dibagi 2 sesi dengan mistery box berisi bahan makanan yang berbeda. 
Ketatnya aturan tidak menyurutkan tekad peserta untuk terus maju berkompetisi. Diawali dengan penampilan sepuluh tim mengolah masakan berbahan sayuran pare, telur bebek dan lontong, lalu dilanjutkan sepuluh tim berikutnya dengan olahan masakan bahan yang berbeda, yaitu sayuran pepaya muda, kerang dan lontong. Sistem lomba yang ketat ini ternyata tidak menjadi sia-sia karena dibalik semua itu, Adventure Cooking Mania telah menyiapkan hadiah istimewa bagi para pemenang. Berupa trofi dari Akpar Majapahit, Hotel Best Western Pappilio, Hotel Grand Mercure Surabaya, Hotel Luminor, lalu ada sertifikat, voucher menginap dan menikmati breakfast di hotel berbintang, serta uang tunai. Tak ketinggalan goodie bag yang disupport oleh PT Smart TBK, air mineral CLEO, Maxim, Chefmate, dan acara ini didukung oleh ICA (Indonesian Chef Association) & LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata.
 
Adventure Cooking Mania tidak hanya menjadi sebuah ajang lomba memasak saja, tetapi juga peserta dapat memperoleh ilmu tambahan dan informasi tentang culinary. Sistem perlombaan yang begitu ketat dan tekanan yang besar tidak menyurutkan peserta untuk menghasilkan karya masakan yang istimewa. Kehadiran dua orang juri dari ICA (Indonesian Chef Association) yaitu Chef Mudji dan Chef Fahriansyah ini semakin membuat suasana area kompetisi semakin tegang. Persaingan yang ketat antar tim semakin terlihat. Kerjasama dan keseriusan tim pun juga semakin tampak.
Seperti apa yang disampaikan oleh kedua Juri dari ICA ini, bahwa kompetisi memasak jangan dipandang ringan akan tetapi hakikatnya adalah suatu proses yang melibatkan integrasi antara knowledge, skills dan attitude. Dengan pengetahuan yang memadai, diharapkan para peserta kompetisi ini akan selalu berfikir dan berinovasi untuk memadukan citarasa bahan utama dengan berbagai bumbu untuk menyuguhkan rasa (taste) yang berkualitas sehingga dapat menggugah selera. Agar dapat menghasilkan rasa yang berkualitas dan performance yang menarik juga dibutuhkan skills cara mengolah maupun menyajikan menu. Ditambah attitude yang baik dalam menyiapkan, mengolah dan menyajikan juga akan melengkapi kesempurnaan masakan yang disajikan.
 
Sebagai pemenangnya tim peserta dari UNESA meraih juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar satu setengah juta rupiah yaitu Fatma NF, Azaratu HC, Putri MH, Nur HA yang membuat masakan Lokepe (Lodo Kerang Pepaya muda). Juara II mendapatkan hadiah uang satu juta rupiah diraih SMKN 1 Cerme Gresik yaitu Didik S, Faizatul F, Elok G, Larasati P, membuat Sambal Tempung Telur Bebek dan juara III mendapatkan hadiah uang sebesar tujuh ratus lima puluh ribu rupiah diraih oleh Univ PGRI Adibuana yaitu Keiza CD, Ayu NH, Alexia LE, Aries D, membuat Scramble Pare Bumbu Jowo.
 
Secara keseluruhan acara kompetisi memasak ini meriah dan berjalan lancar. Kesuksesan yang diraih oleh Adventure Cooking Mania patut diacungi jempol. Sebuah kompetisi memasak yang berinovasi serta ingin memajukan kuliner Indonesia ini dapat menjadi contoh bagi kita untuk kedepannya. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
                                | Jl. Gajahmada No.4, Mojosari, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info



Tidak ada komentar:

Posting Komentar