twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Selasa, 25 April 2017

Akademi Pariwisata Majapahit - Majapahit Travel Fair (MTF) 2017



 “Sajikan Kuliner Lontong Tahu Telur Yang Unik
& Ayam Kriuk Sambal Matah”


Kelezatan masakan tradisional Indonesia disajikan dalam tampilan yang simpel namun menarik, pasti rasanya dijamin lebih memikat. Sebuah makanan khas legendaris dari Jawa Timur yaitu Tahu Telur yang dibuat seperti lontong memiliki tampilan yang cukup berbeda. Begitu juga masakan sambal populer khas Bali, yaitu Sambal Matah dipadu daging ayam goreng tepung telah menginspirasi dua mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit, yaitu Ezra dan Exel dalam ajang Majapahit Travel Fair 2017 yang bertajuk “East Java Adventure Tourism” beberapa waktu lalu.

  
Kreatif dan selalu berinovasi, itu yang selalu diterapkan oleh para mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit dalam setiap membuat produk makanan. Di ajang Majapahit Travel Fair,  dua orang mahasiswa Akpar Majapahit mendemokan kreasi masakan nusantara, yaitu Lontong Tahu Telur dan Ayam Kriuk Sambal Matah. 

Ezra Abrian dan Exel Bayu, sengaja mengusung dua masakan tradisional Indonesia untuk disajikan semenarik mungkin di ajang pemeran pariwisata berskala internasional ini. Mereka menunjukan kepiawaiannya di bidang kuliner dengan mengemas masakan Indonesia menjadi sajian yang simpel dan rasanya enak untuk dinikmati.

Lontong Tahu Telur, makanan khas dari Jawa Timur dan cukup legendaris ini begitu banyak item bahan yang digunakan. Ada tahu, telur, kentang, lontong, kerupuk, sambal kacang dan sayuran. Tapi, ditangan Ezra dan Exel semua bahan-bahan ini dikemas menjadi satu dan dibuat seperti lontong.

“Cara membuat masakan ini cukup mudah dan praktis. Lontong, tahu goreng dan kentang kukus dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan dalam telur kocok yang telah dibumbui lada dan garam. Semua bahan dimasukkan dalam kantung plastik dan dikukus hingga matang. Setelah itu disajikan dengan kerupuk dan sambal kacang. Nah, sangat gampang kan?” ungkap mereka.

Tak hanya itu, sajian sambal Matah khas Bali juga sengaja mereka kreasikan. Sambal Matah diracik dari bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit, lalu ditambahkan minyak panas dan air jeruk nipis, rasa segar pun muncul pada aromanya. Sambal dari Bali yang dikenal rasa pedas dan segarnya ini mantap disajikan dengan ayam goreng balut tepung yang disajikan dalam tampilan mini-mini dalam kemasan cup. 

“Awal ide membuat lontong tahu telur dan ayam goreng sambal matah ini atas saran dari Chef Ario (Dosen kuliner di Akpar Majapahit). Makanan tradisional itu cukup terkenal ribet proses memasaknya. Nah, untuk menghemat waktu dan tidak ribet saat meracik makanan, kami mencoba cara yang praktis tapi makanan ini tetap menarik untuk dinikamti dan rasanya juga tetap enak. Dan, jadilah makanan ini” terang Ezra dan Exel saat dijumpai di acara MTF 2017 beberapa waktu lalu.

Lontong Tahu Telur

Bahan:
Lontong, dipotong kotak kecil
Tahu, digoreng, dipotong kotak kecil
Kentang, direbus, dikupas, dipotong kotak kecil
Telur ayam
Garam
Merica bubuk
Minyak untuk menggoreng
Bahan pelengkap:
Kerupuk
Bahan Saus Kacang:
Kacang tanah goreng, buang kulit
Bawang putih
Cabe rawit
Garam
Kecap manis
Air matang

Pasti menarik bukan, kreasi produk kuliner tradisional Indonesia yang dibuat oleh mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit? Sudah tidak diragukan lagi, Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia kuliner untuk menjadi chef profesional. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
                                | Jl. Gajahmada No.4, Mojosari, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar