twitter
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Pages

Mahasiswa Akpar Majapahit Juara I Lomba Masak di Ciputra World Surabaya (CWS)







SATU lagi mahasiswa Akpar Majapahit menunjukkan prestasi gemilang dalam lomba masak di Ciputra World Surabaya (CWS) pada Minggu (31/8) lalu. Lomba masak yang mengusung tema masakan dari Lima Benua itu dihelat oleh Bank International Indonesia (BII) Surabaya bekerjasama dengan Hartono Electronics.

Lomba masak tersebut diikuti 25 tim yang setiap tim terdiri dari dua orang mahasiswa. Akpar Majapahit sendeiri mengirimkan 10 tim untuk menyemarakkan perhelatan tersebut. Salah satunya adalah tim dari Agnes Hedelin (19) dan Stephen Tedjakusuma (19).

Agnes Hedelin adalah mahasiswi semester I Jurusan Pastry dan Stephen Tedjakusuma adalah mahasiswa semester III Jurusan Pastry Akpar Majapahit. Dua maut ini berhasil menyisihkan 24 tim lain, setelah masakannya yang berjudul Chicken Beef with Ginger Saos. Masakan ini memadukan resep masakan dari Asia (Chinese Food) dan American Food. 

Sebelum mengambil resep masakan dari dua benua tersebut, pihak panitia memberi kebebasan penuh kepada setiap tim yang mengikuti lomba masak untuk memilih resep masakan dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika dan Australia. 

”Saya dan Stephens memilih resep masakan dari Asia khususnya Chinese Food dan American Food,” kata Agnes ketika ditemui di Kampus Akpar Majapahit usai kuliah, Selasa (9/9) siang. Kedua resep masakan dari Asia dan Amerika itu sudah diajarkan di kampus Akpar Majapahit.

Tidak ada persiapan khusus untuk menyiapkan bahan dasar dan bumbu memasak Chicken Beef with Ginger Saos. Ia punya waktu dua hari setelah mendaftarkan diri ke panitia pada H-2 lomba. Ia pun belanja  bahannya (bahan dasar, aneka bumbu, daging sapi ¼ kg dan dada ayam ¼ kg) dengan Stephen di Toko 9 dan pasar tradisional. 

Total biaya belanja bahan-bahan tersebut sekitar Rp 300 ribuan,” aku Agnes yang diamini Stephen, Biar sama-sama ringan karena uang itu merupakan uang saku kuliah) maka biaya sebesar itu ditanggung berdua.

Pada hari H lomba, pihaknya sudah perform semua bahan itu yang disiapkan dari rumah. Jadi pada saat lombanya, dirinya dan Stephen berbagi tugas menyiapkan bahan dasar, bumbu, memotong bahan dan meracik bumbu, memasak daging (sapi dan ayam) dan mengolahnya sesuai tema masakan yang akan dihidangkan.

”Setelah semuanya matang, pihaknya tinggal mempresentasikan (menyajikan) masakan yang memadukan resep masakan unggulan yakni Chinese Food dan American Food, sesuai kesepakatan berdua. 

Tentunya, sebelum hasil masakan kami dinilai tim juri, kami buat penampilan semenarik mungkin dan setiap kali usai masak kebersihan dapur (tempat masak) pun dibuat cling seperti sediakala. Secara keseluruhan kami bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu satu jam seperti yang dipersyaratkan dewan juri,” terang Stephen.

Ini semua mengacu pada lima prosedur standar yang harus dipenuhi, yakni mengedepankan aspek cita rasa (taste), penyajian (presentasi), waktu memasak, perpaduan masakan, dan aspek kebersihan. 

Nah berkat kegigihannya memenuhi lima prosedur standar memasak inilah, hasil karya Agnes dan Stephen yakni Chicken Beef with Ginger Saos ditetapkan sebagai juara satu oleh dewan juri yang terdiri dari Chef Vindex (Master Chef Indonesia), dosen kuliner dari sebuah PTS ternama di Surabaya dan perwakilan dari BII Surabaya. 

Atas kesuksesannya tersebut, Agnes dan Stephen berhak mendapatkan trophy, piagam, uang tunai Rp 1 juta dan dua unit oven dari panitia. Keberhasilan dua mahasiswa Akpar Majapahit dalam lomba masak di CWS tentu membawa harus nama almamater dan menambah kepercayaan diri mereka melanjutkan studi di kampus yang mencetak chef andal.  (ahn)



Untuk Informasi Pendaftaran, Silakan menghubungi:
081233752227, 081357866283, 081336563094, 081234506326.
Atau anda bisa juga add BB PIN:
2A1CE131, 2B517ECB, 2B425821, 2A6A1F4E.

Kunjungi juga web resmi kami di
http://www.majapahit.org ; www.tristarculinaryinstitute.com
Bergabunglah dengan AKADEMI PARIWISATA MAJAPAHIT - For The Best Future.

Sekolah Masak - Akademi Tataboga - Pendidikan Kuliner - Perhotelan Pariwisata - Culinary Academy - Cooking School - Praktek Setiap Hari.
Sekolah Masak Terbesar & Terbaik di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar